Wapres Berharap Pandemi Covid-19 Segera Berakhir dan Jadi Endemi

Rabu, 13 April 2022 - 15:37 WIB
loading...
Wapres Berharap Pandemi Covid-19 Segera Berakhir dan Jadi Endemi
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berharap pandemi Covid-19 di Indonesia segera berakhir dan menjadi endemi. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berharap pandemi Covid-19 di Indonesia segera berakhir dan menjadi endemi. Sebab, kata dia, kasus Covid-19 saat ini sudah semakin menurun.

Kemudian, kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi termasuk booster juga sudah meningkat. “Dan melalui upaya-upaya yang kita lakukan itu, kita berharap bahwasanya kita akan bisa dalam waktu yang tidak lama mengakhiri masa pandemi menjadi masa endemi,” ujar Wapres saat acara Pembukaan Pekan Tilawatil Qur’an Tingkat Nasional ke-52 Tahun 2022 secara virtual, Rabu (13/4/2022).

Wapres mengatakan bahwa ikhtiar untuk menjaga diri dari wabah penyakit seperti Covid-19 juga telah dijelaskan dalam Al-Qur’an. “Syekh Nawawi Al Bantani, seorang ulama Indonesia ketika menafsirkan ayat di dalam Surah Hud, di dalam penjelaskan bahwa ayat ini juga menunjukkan tentang adanya kewajiban menjaga diri dari semua bahaya yang diduga akan terjadi. Harus menjaga diri dari semua bahaya yang diperkirakan akan datang,” tuturnya.





“Oleh karena itu kata beliau, maka menjadi kewajiban untuk menjaga diri dengan berobat dan menjaga diri dari wabah penyakit. Beliau mengatakan menjaga diri disini termasuk berobat termasuk kewajiban dan menjaga diri dari wabah penyakit juga kewajiban,” sambung Wapres.

Maka itu, Wapres mengatakan menjaga diri dari Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan dan vaksinasi termasuk perbuatan yang wajib dilakukan yaitu satu perkara yang termasuk ajaran agama sesuai syariah untuk menjaga diri dan memelihara diri dari penyakit. “Ini daripada tuntunan-tuntunan Al-Qur’an,” katanya.

Dengan penurunan kasus Covid-19 saat ini, Wapres pun berharap bisa bangkit kembali melakukan pemulihan ekonomi dan menggiatkan kembali sektor-sektor ekonomi. “Mudah-mudahan Indonesia akan kembali berjaya tidak hanya seperti sebelum kena Covid-19. Tapi akan lebih baik lagi dan akan menjadi negara yang lebih maju dari masa-masa yang lalu,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2303 seconds (0.1#10.140)