Jenderal Andika Bertemu Komandan Militer AS, Matangkan Rencana Latgab 3 Matra

Rabu, 13 April 2022 - 09:13 WIB
loading...
Jenderal Andika Bertemu Komandan Militer AS, Matangkan Rencana Latgab 3 Matra
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menerima kunjungan Komandan Militer AS untuk Asia-Pasifik Laksamana John Aquilino. Foto/youtube TNI
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menerima kunjungan kehormatan Komandan Armada Militer AS di kawasan Indo-Pasifik Laksamana John Aquilino di Mabes TNI, Selasa (12/4/2022). Selain mempererat hubungan militer kedua negara, kunjungan ini juga dalam rangka pematangan persiapan latihan bersama.

Dalam kunjungan tersebut, John Aquilino berkesempatan berkeliling ke sejumlah ruangan di Mabes TNI, termasuk ruang kerja Jenderal Andika. Dia mengaku sangat senang dan merasa terhormat diterima dengan segala keramahtamahan di Mabes TNI.



John Aquilino pun memuji sosok Andika sebagai pribadi dan prajurit sejati. “Saya kenal beliau belum lama. Tapi dalam waktu yang relatif singkat itu saya tahu bahwa kami memiliki visi yang sama,” ujar John Aquilino.

Andika sebaliknya menyampaikan terima kasih atas kedatangan John Aquilino. ”Jauh-jauh datang menemui kami di sini menunjukkan keseriusan Anda mendukung kerja sama kita, juga untuk meningkatkannya di masa depan,” kata Andika.

Ini merupakan pertemuan lanjutan Andika dengan John Aquilino setelah pertengahan Maret 2022 lalu keduanya bertemu di Hotel Ritz Carlton yang menggagas rencana kerja sama latihan militer gabungan dalam skala lebih besar dan luas.



Latihan bersama direncanakan bakal melibatkan seluruh unsur dari TNI baik TNI AD, TNI AL dan TNI AU, juga beberapa negara di kawasan Asia-Pasifik.

Menurut Andika, kedua negara berencana melibatkan tiga matra dala latihan gabungan ini. Namun demikian, latihan gabungan tiga matra ini tidak mengenyampingkan agenda latihan gabungan dari masing-masing matra.

“Kita berencana membuat suatu latihan yang bukan meniadakan latihan perdana angkatan (matra) tapi juga menjadikannya suatu bentuk latihan yang lebih terintegrasi. Sehingga kami merasakan nuansa gabungannya, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan," ungkapnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)