Ingatkan Pesan Kapolri, DPR Imbau Polisi Hindari Gesekan Saat Kawal Demo Mahasiswa

Senin, 11 April 2022 - 12:05 WIB
loading...
Ingatkan Pesan Kapolri, DPR Imbau Polisi Hindari Gesekan Saat Kawal Demo Mahasiswa
Prajurit Korps Brimob Polri mengikuti apel gabungan gelar pasukan di lapangan Monas, Jakarta, Senin (11/4/2022). FOTO/ANTARA/Muhammad Adimaja
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengingatkan kembali kepada kepolisian untuk menghindari gesekan saat mengawal demo mahasiswa di Gedung DPR, Senin (11/4/2022) hari ini. Menurutnya, hal itu sejalan dengan instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Saya apresiasi Pak Sigit dengan arahannya, karena memang pendekatan humanis sangat dibutuhkan untuk mencegah adanya gesekan di lapangan serta menciptakan aksi yang damai," kata sahroni, Senin (11/4/2022).

Sahroni berpandangan, aksi demo sah-sah saja dilakukan di Indonesia, termasuk seperti apa yang akan dilakukan mahasiswa. Karena itu, ia berharap aparat kepolisian tetap menjunjung tinggi kebebasan berpendapat.



"Menurut saya hal ini (instruksi Kapolri) juga bagian dari menjunjung tinggi nilai demokrasi dari kepolisian Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk mengawal dan mengamankan demo mahasiswa pada 11 April 2022, dengan mengedepankan pendekatan humanis. Hal itu diinstruksikan Kapolri saat menggelar video conference bersama seluruh jajaran di tingkat Mabes Polri Polda dan Polres jajaran.

"Polri memberikan dan menjamin setiap warga negara untuk untuk menyampaikan aspirasinya atau memberikan ruang demokrasi. Oleh karena itu, pendekatan humanis harus terus dilaksanakan dalam mengawal aksi demonstrasi," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Minggu (10/4/2022).

Baca juga: Mau Ikut Demo 11 April, Belasan Pelajar Terjaring di Stasiun Bogor
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3007 seconds (0.1#10.140)