Kecil kemungkinan Demokrat konvensi, jika SBY bisa nyapres

Minggu, 14 April 2013 - 03:42 WIB
Kecil kemungkinan Demokrat konvensi, jika SBY bisa nyapres
Kecil kemungkinan Demokrat konvensi, jika SBY bisa nyapres
A A A
Sindonews.com - Wacana konvensi yang dilontarkan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dinilai berbeda dengan konvensi yang dilakukan oleh Partai Golkar.

Pada 2004 Golkar melakukan konvensi, di mana Ketua Umum Golkar kala itu Akbar Tanjung, mengorbankan posisi dia dan mencari calon presiden (Capres) secara konvensi.

Padahal, Akbar Tanjung bisa saja melancarkan manuvernya, agar dia bisa menjadi capres Partai Golkar, mengingat dia adalah Ketua Umum dan mempunyai posisi tawar yang lebih dibandingkan kandidat lain di tubuh Partai Golkar.

"Saat itu pertaruhan citra Golkar, sehingga perlu terobosan politik yang luar biasa, sehingga Golkar memunculkan konvensi dan Akbar Tanjung mengorbankan posisi Ketua Umumnya. Sedangkan wajar Demokrat bikin konvensi, karena SBY sudah tidak maju jadi presiden. Coba kalau SBY masih bisa satu periode lagi, kemungkinan kecil akan ada konvensi di Demokrat," ucap Sugiyanto saat dihubungi Sindonews, Minggu (14/4/2013).

Oleh sebab itu, menurut Sugiyanto, konvensi yang dilakukan Demokrat, tidak akan berpengaruh banyak terhadap citra partai tersebut. Karena publik hanya melihat figur SBY, bukan partainya.

"Sekarang berbeda, orang sudah tidak tertarik lagi dengan Demokrat. Karena orang bukan melihat lagi Demokratnya, tapi SBY-nya. Sedangkan SBY sudah tidak bisa dicalonkan lagi menjadi presiden," pungkasnya.

Sebelumnya, Partai Demokrat terus menggodok mekanisme dan prosedur konvensi untuk mencari calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) yang akan mereka usung untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 mendatang.

"Ya konvensi akan dilakukan untuk memilih dan menentukan calon-calon presiden, nah mekanismenya sedang kita bahas jadi pasca pengumuman kepengurusan hasil KLB, baru membahas prosedur dari konvensi," kata Sekretaris Pusat Pengembangan Strategi dan Kebijakan DPP Partai Demokrat, Khatibul Umam Wiranu di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu 13 April 2013.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4404 seconds (0.1#10.140)