Versi Survei SMRC Elektabilitas Anies-AHY Tinggi, Demokrat: Pasangan Ideal

Jum'at, 08 April 2022 - 13:08 WIB
loading...
Versi Survei SMRC Elektabilitas Anies-AHY Tinggi, Demokrat: Pasangan Ideal
Survei SMRC yang dipublikasikan, Kamis (7/4/2022), menunjukkan pasangan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memiliki elektabilitas cukup tinggi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) yang dipublikasikan pada Kamis (7/4/2022), menunjukkan simulasi pasangan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ) memiliki elektabilitas cukup tinggi. Partai Demokrat pun menyambut baik hasil survei ini.

Baca juga: Anies-AHY Berpotensi Menangi Pilpres 2024

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani menyebutkan, pihaknya mengapresiasi hasil survei SMRC tersebut.



"Kami mengapresiasi dan menyambut positif hasil survei SMRC yang membuat simulasi beberapa pasangan Capres dan Cawapres," ujar Kamhar Lakumani, Jumat (8/4/2022).

Ia menyebutkan hasil survei yang terpotret menunjukkan konsistensi. "Termasuk jika dibandingkan dengan hasil dari beberapa lembaga survei lainnya yang menempatkan pasangan Mas Anies dan Mas AHY sebagai pasangan yang paling dikehendaki dan diinginkan masyarakat sebagai capres dan cawapres pada 2024 nanti," jelas Kamhar Lakumani.

Dikatakannya sosok Anies dan AHY memang dirasa cukup ideal dan saling melengkapi satu sama lainnya.

"Ini memang menjadi pasangan ideal yang saling melengkapi. Keduanya memiliki rekam jejak yang membanggakan dan prestasi di atas rata-rata. Sama-sama cerdas dan berintegritas," ungkap Kamhar Lakumani.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, dalam simulasi pasangan capres dan cawapres SMRC disebutkan pemilihan presiden mendatang mungkin maksimal hanya terdiri 3 pasangan, karena threshold cukup tinggi, 20 persen.

Simulasi pilihan terhadap 3 pasangan: ketiga pasangan mendapat dukungan yang kurang lebih sama. Anies-AHY mendapat dukungan 29,8 persen seimbang dengan Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto 28,5 persen, dan Prabowo Subianto-Puan Maharani 27,5 persen, dan yang belum tahu 14,3 persen.

Sedangkan apabila dilakukan simulasi pilihan tertutup terhadap 3 pasangan: Anies-AHY mendapat dukungan terbanyak 32,3 persen, disusul Prabowo-Puan 29 persen dan Airlangga-Ganjar 22,6 persen, serta yang menyatakan belum tahu 16,1 persen.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3249 seconds (0.1#10.140)