Latma Garuda Shield Digelar Agustus 2022, Inggris, Amerika, hingga Singapura Ambil Bagian

Jum'at, 08 April 2022 - 11:23 WIB
loading...
Latma Garuda Shield Digelar Agustus 2022, Inggris, Amerika, hingga Singapura Ambil Bagian
Rapat MPC pada 5-7 April 2022 menghasilkan Latma Garuda Shield akan diikuti 14 negara. FOTO/DISPENAD
A A A
JAKARTA - Latihan Bersama (Latma) bernama Garuda Shield antarsesama militer Matra Darat akan kembali digelar pada tahun ini. Kali ini, bukan hanya Indonesia dan Amerika Serikat yang ambil bagian, melainkan total ada 14 negara.

Hal ini terungkap ketika penandatanganan hasil kesepakatan yang telah didiskusikan dalam rapat Middle Planning Conference (MPC) pada 5 hingga 7 April 2022 di Hotel El Royal, Kamis (7/4/2022).

Dikutip dari keterangan Dispenad, bertindak sebagai ketua delegasi dari TNI AD yakni Dirlat Kodiklatad, Brigjen TNI Haryanto. Sedangkan dari delegasi negara sahabat dipimpin Kepala Kantor Kerja Sama Pertahanan Amerika Serikat, Kolonel Ian Francis.



Rapat kali ini dihadiri sejumlah perwakilan negara sahabat yang akan terlibat dalam Latma Garuda Shield-16/2022. Di antaranya, Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Papua Nugini, Timor Leste, Australia, Jepang, Malaysia, dan Singapura.

Dalam pelaksanaannya, rapat ini dibagi menjadi beberapa working group yang mendiskusikan detail latihan seperti Staff Exercise, Field Training Exercise, Combined Armed Live Fire Exercise, Aviation, dan Medical Exercise.

Kemudian, Logistics and Protocol, Life Fire Exercise, Civil Military Coordination, ENCAB, Counter IED, Force Protection, Airborne serta Special Operations.

Baca juga: KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa Tinjau Latma Garuda Shield 2021 di Minahasa Utara

Selanjutnya, kedua belah pihak secara bersama-sama akan melaksanakan agenda berikutnya yakni site survey untuk meninjau langsung lokasi latihan. Termasuk point of entry personel dan materiel memasuki Indonesia serta transportasinya menuju daerah latihan.

"Latma Garuda Shield-16/2022 akan diselenggarakan pada tanggal 1 hingga 14 Agustus 2022 di dua daerah latihan sekaligus yaitu Puslatpur Kodiklatad Baturaja dan Puslatpur Kodam VI/Mlw Amborawang," tulis Dispenad.
(abd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1523 seconds (11.97#12.26)