PT KAI Siapkan Gerbong Kereta untuk Angkut Sepeda Motor Pemudik Gratis

Kamis, 07 April 2022 - 21:36 WIB
loading...
PT KAI Siapkan Gerbong Kereta untuk Angkut Sepeda Motor  Pemudik Gratis
Menko PMK Muhadjir Effendy mengajak masyarakat yang akan melakukan mudik Lebaran 2022 mendatang tidak menggunakan sepeda motor. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengajak masyarakat yang akan melakukan mudik Lebaran 2022 mendatang tidak menggunakan sepeda motor.

“Mereka yang akan mudik menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya jangan menggunakan sepeda motor, tetapi sepeda motornya cukup diangkut bersama pemiliknya menggunakan kereta api,” kata Muhadjir dalam keterangan yang diterima, Kamis (7/4/2022).

Muhadjir pun telah meminta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi agar menyediakan gerbong khusus Kereta Api untuk mengangkut kendaraan sepeda motor. “Saya menyarankan untuk disediakan gerbong (Kereta Api) khusus mengangkut kendaraan,” ucapnya.



Muhadjir mengatakan hal ini bertujuan untuk mengurangi kepadatan di jalan raya. Dengan begitu, sekaligus mencegah tingginya angka kecelakaan di jalan raya. “Saya sarankan kepada Pak Menhub dan Direktur Jenderal Perkeretaapian, kalau bisa, kendaraannya gratis, sepeda motornya gratis, sehingga nanti mengurangi kepadatan di jalan raya, terutama pengendara motor,” katanya.



Merespon hal ini, Menhub yang mendampingi Menko PMK saat peninjauan ke Bandara Soekarno Hatta (Soetta) dan Stasiun Pasar Senen memastikan telah meminta PT. KAI untuk menyiapkan gerbong khusus untuk mengangkut sepeda motor gratis pada saat mudik Lebaran 2022 mendatang.

“Kemenhub juga akan mengadakan mudik gratis dengan motor, tapi orangnya bayar kalau naik kereta api. Kalau yang dengan bus disediakan dengan truk, untuk motornya juga gratis,” kata Menhub.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3033 seconds (0.1#10.140)