Jejak Politik Ahmad Mumtaz Rais, Anak Ketiga Amien Rais

Kamis, 07 April 2022 - 12:30 WIB
loading...
Jejak Politik Ahmad Mumtaz Rais, Anak Ketiga Amien Rais
Ahmad Mumtaz Rais. Tangkapan layar Instagram @mumtaz.rais
A A A
JAKARTA - Nama Ahmad Mumtaz Rais , anak ketiga dari pasangan M Amien Rais dan Kusnasriyati Sri Rahayu, belakangan ramai mewarnai pemberitaan. Hal ini menyusul proses perceraian dengan istrinya, Futri Zulya Savitri , yang merupakan anak Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.

Terlepas dari persoalan rumah tangga, Mumtaz dikenal sebagai anak muda yang sejak lama berkiprah di dunia politik. Mumtaz lahir di Yogyakarta, 17 September 1983. Dibanding saudara kandungnya, Mumtaz Rais lebih dahulu menjadi anggota Dewan. Dia merupakan anggota DPR RI Periode 2009-2014. Mumtaz maju dari Partai Amanat Nasional (PAN) ,bertarung di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah VIII (Cilacap-Banyumas).

Pada Pemilu 2014, Mumtaz tidak nyaleg. Dia kembali maju sebagai caleg DPR RI pada Pemilu 2019 dari Dapil Jawa Tengah VI. Namun, PAN gagal mendapatkan kursi di DPR dari Jawa Tengah. Padahal, kala itu Mumtaz meraup 59.099 suara.

Baca juga: PAN Tegaskan Perceraian Anak Amien Rais dengan Putri Zulkifli Hasan Tak Terkait Politik

Pada Kongres V PAN yang digelar di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sutra), Februari 2020, Mumtaz tak bisa menyembunyikan kegembiraannya setelah sang mertua, Zulkifli Hasan , kembali terpilih menjadi ketua umum DPP PAN. Momen dia memeluk Zulhas pun diunggah di akun Instagram-nya.

"Kekuasaan itu penting, karena dengan kekuasaan kita bisa berbuat banyak untuk kemaslahatan ummat. Selamat, Zulhas berkuasa untuk kedua kalinya, back to back Winner," demikian keterangan di video yang diunggah di akun Instagram Mumtaz Rais.

Diketahui, pada Kongres V PAN tersebut, Amien Rais, ayah Mumtaz, mendukung Mulfachri Harahap sebagai ketum PAN. Jika Mulfachri menang, Hanafi Rais, kakak Mumtaz, menjadi sekjen.

Baca juga: Kecil Kemungkinan Mumtaz Rais Pindah ke Partai Ummat

Jejak politik Mumtaz kembali terlihat jelang Pilkada Serentak 2020. Mumtaz mendapat rekomendasi dari DPP PAN untuk maju dalam Pilkada Sleman 2020. Baliho dipasang. Blusukan dilakukan. Namun, pada 2 Juli 2020, Mumtaz mengumumkan mundur dari pencalonan.

Di akun Instagram-nya, Mumtaz menjawab pertanyaan seputar mundurnya dia dari pencalonan. "Persiapan reshuffle, kawan...," begitu tulis Mumtaz menjawab komentar dari @helmihasanofficial.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1899 seconds (10.177#12.26)