133 WNI Berhasil Dievakuasi, 32 Pilih Tinggal di Ukraina

Rabu, 06 April 2022 - 12:43 WIB
loading...
133 WNI Berhasil Dievakuasi, 32 Pilih Tinggal di Ukraina
Suasana gedung-gedung yang rusak akibat konflik Ukraina-Rusia di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina 3 April 2022. FOTO/REUTERS/Stringe
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi menjelaskan perihal evakuasi warga negara Indonesia ( WNI ) di Ukraina . Data terakhir menunjukkan bahwa 133 dari total 165 WNI di Ukraina telah berhasil dievakuasi ke Indonesia maupun beberapa negara lain. Sisanya memilih bertahan di Ukraina.

"Masih terkait Ukraina, kita patut bersyukur bahwa semua WNI yang ingin dievakuasi telah dievakuasi dan telah tiba di Indonesia dengan selamat. Jumlah total WNI di Ukraina adalah 165 orang, jumlah WNI yang telah keluar adalah 133 orang," kata Retno dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (6/4/2022).

Retno merinci WNI yang telah dievakuasi. Sebanyak 80 orang dievakuasi menggunakan pesawat ke Indonesia; 5 orang dievakuasi ke Bucharetst tapi memilih pulang ke negara residensinya yaitu ke Rusia, Turki, Denmark, dan Qatar; 34 orang memilih pulang ke Indonesia melalui beberapa gelombang evakuasi lanjutan; 12 orang melakukan evakuasi mandiri ke beberapa negara; dan 2 orang yang tidak melakukan lapor diri telah mengkonfirmasi telah di Indonesia.



Menurut Retno, sejauh ini masih terdapat 32 WNI yang lebih memilih tinggal di Ukraina dengan berbagai alasan, baik alasan pribadi, keluarga, maupun juga staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI). "(mereka) Memilih tinggal dengan berbagai alasan pribadi, termasuk alasan keluarga, dan sisanya adalah staf KBRI," kata Retno.

Baca juga: Mengerikan, Begini Penampakan Kuburan Massal Jasad Warga Sipil di Bucha Ukraina
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1853 seconds (0.1#10.140)