Ketum PP Muhammadiyah: Ramadhan Momentum Hijrah Spiritual dan Intelektual

Jum'at, 01 April 2022 - 14:02 WIB
loading...
Ketum PP Muhammadiyah: Ramadhan Momentum Hijrah Spiritual dan Intelektual
Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mendorong umat Islam untuk menjadikan Ramahan 1443 H sebagai momentum hijrah secara spiritual maupun intelektual. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Seluruh umat Islam di dunia bergembira menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1443 H. Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir berharap Ramadhan juga dimanfaatkan sebagai momentum untuk berhijrah secara spiritual dan intelektual.

“Insya Allah jika ibadah puasa dan seluruh rangkaian ibadah di Bulan Ramadhan ditunaikan dengan rukun, khusyu’, dan tahsinah yang baik, maka akan melahirkan insan-insan yang al muttaqun,” kata Haedar dikutip dari laman resmi Muhammadiyah, Jumat (1/4/2022).



Haedar mengajak pelaksanaan ibadah selama Bulan Ramadhan seperti ibadah puasa dan ibadah-ibadah yang lain dapat meningkatkan kedekatan dan hubungan dengan Allah SWT, sehingga melahirkan sikap rendah hati.

“Kami juga berharap ibadah puasa dan lain sebagainya yang dilakukan oleh kaum muslimin dapat meningkatkan kesalehan pribadi, yang memancar dalam kesalehan keluarga dan kehidupan masyarakat, bangsa, serta dunia kemanusiaan semesta,” tutur Haedar.

Melalui peningkatan kedekatan dan hubungan dengan Allah melalui ibadah selama bulan suci umat Islam ini, Haedar berharap kaum muslimin mampu menebar nilai-nilai perdamaian, kebaikan, keluhuran moral, serta berbagi dan keutamaan dalam hidup. Haedar juga menjelaskan bahwa, Bulan Ramadhan sebagai wahana untuk mempererat ukhuwah.



“Ramadhan sebagai wahana mempererat ukhuwah sesama kaum muslimin, serta sesama umat bangsa. Serta panggilan suci untuk merekat kebersamaan saling tolong menolong, berbagi dan peduli, serta membangun kehidupan bersama dalam keragaman,” ungkapnya.

Haedar juga mengatakan dengan terbentuknya umat Islam yang bertakwa sebab pelaksanaan ibadah selama bulan Ramadhan diharapkan akan menjadi insan yang memancarkan pencerahan di kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa dan dunia semesta dengan membawa misi rahmatan lil alamin.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6036 seconds (0.1#10.140)