Relawan Perindo Ungkap Pemerkosa Anak Perempuan di Kediri adalah Ayah Kandung Korban

Selasa, 29 Maret 2022 - 22:43 WIB
loading...
Relawan Perindo Ungkap Pemerkosa Anak Perempuan di Kediri adalah Ayah Kandung Korban
Jeannie Latumahina mengungkapkan salah satu pelaku pemerkosaan anak di Kediri adaah ayah kandung korban. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Relawan Perempuan dan Anak Perindo Jeannie Latumahina menyampaikan identitas sembilan pelaku pemerkosaan anak perempuan di bawah umur pada wilayah Pare, Kediri, Jawa Timur. Jeannie sebagai relawan Perindo bersama dengan tim pendampingan korban di Kediri menemukan salah satu pelaku adalah ayah kandung korban.

Jeannie menyampaikan hal tersebut dalam dialog podcast aksi nyata yang diampu oleh Abraham Silaban melalui tayangan langsung saluran Youtube Perindo, Selasa (29/3/2022). "Kebiadaban peristiwa ini dikarenakan salah satu pelakunya adalah ayah kandung korban," katanya.

Selain itu, dia juga mengungkapkan empat dari sembilan pelaku yang belum ditangkap merupakan tokoh masyarakat di daerah korban tempat tinggal. "Yang belum ditangkap selain ayahnya itu memiliki hubungan kuat sebagai tokoh masyarakat di desa korban," tutur Jeannie.



Menurut dia, kasus tersebut berjalan lambat proses hukum penangkapan para pelakunya. Oleh karena itu, bersama relawan perempuan dan anak beserta lembaga advokasi pendamping korban,, Jeannie mendesak aparat berwajib untuk terus mengusut kasusnya dengan tuntas.

"Kami dari relawan perempuan dan anak Perindo berharap untuk aparat penegak hukum harus berpihak pada anak korban pemerkosaan ini, bukan memihak kepada pelaku," ujarnya.

Di sisi lain, Jeannie mengungkapkan kondisi anak perempuan tersebut sedang dalam trauma yang mendalam. Korban, menurutnya, masih sulit menerima lingkungan luar karena pengalaman traumatiknya tersebut.

"Anak perempuan itu mengalami suatu trauma yang luar biasa. Untuk mendengar suara orang lain saja ketakutan, bertemu orang lain juga sulit. Sungguh suatu perbuatan yang keji," katanya.



Kemudian, Jeannie menyampaikan anak perempuan korban pemerkosaan tersebut mengalami trauma sehingga membutuhkan pendampingan guna memulihkan psikologisnya. Menurut Jeannie, hanya ibu korban yang bisa membantu memulihkan trauma kejiwaannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0940 seconds (0.1#10.140)