Temui Dubes Rusia dan Ukraina, DPR Ingin Jembatani Perdamaian

Sabtu, 26 Maret 2022 - 07:35 WIB
loading...
Temui Dubes Rusia dan Ukraina, DPR Ingin Jembatani Perdamaian
Setelah bertemu Dubes Rusia, Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar menerima kunjungan Dubes Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin, di Gedung DPR Senayan. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Setelah bertemu dengan Duta Besar (Dubes) Rusia, Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar menerima kunjungan Dubes Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin, di Gedung DPR Senayan, Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, Gus Muhaimin mendengar perkembangan terkini di Ukraina.

Baca juga: Dubes Rusia Sebut Kami Tidak Menyerang Penduduk, Tapi Rezim Ukraina yang Jahat

Diketahui, saat ini negara Ukraina tengah berkonflik dengan Rusia. Ia berjanji akan berperan sebagai fasilitator perdamaian kedua negara.



"Duta Besar Ukraina datang ke kantor DPR dan jelaskan semua perkembangan yang memilukan, memprihatinkan, agresi Rusia kepada Ukraina," ucap Muhaimin, Jumat (25/3/2022)

"Beliau harap Indonesia berperan aktif untuk hentikan perang. Beliau harap G20 jadi sarana meminta Putin hentikan serangan pada Ukraina. Ukraina sangat posisi sulit karena serangan dan kerusakan oleh Rusia," tambahnya.

Oleh karena itu kata Gus Muhaimin, pihaknya mengimbau Rusia untuk hentikan serangan. Agar dialog dan buat pertemuan perdamaian.

"Nanti kita sampaikan pada Presiden harapan-harapan Pak Dubes, salah satunya di G20. Dan jalur-jalur diplomasi internasional yang dimiliki Indonesia diharapkan bisa percepat," tuturnya.

Ketua Umum DPP PKB ini berharap, Presiden Rusia Vladimir Putin bisa hadir di puncak KTT G20 Indonesia pada Oktober 2022 mendatang, agar Indonesia dapat mendorong Puting membuka jalan perdamaian dengan Ukraina.

Namun, apabila tak ada ruang untuk mengkomunkasikan hal ini, menurutnya Putin tak perlu hadir di KTT G20.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2051 seconds (0.1#10.140)