Perubahan Tren, Pemerintah Daerah Leading dalam Hal Inovasi

Kamis, 24 Maret 2022 - 20:17 WIB
loading...
Perubahan Tren, Pemerintah Daerah Leading dalam Hal Inovasi
Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOUS) Bhima Yudhistira. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOUS) Bhima Yudhistira melihat fenomena menarik yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Jika sebelumnya inovasi kerap dilakukan oleh swasta, maka kini justru pemerintah yang melakukannya.

"Kalau sebelumnya inovasi itu relatif lebih kepada swasta yang memulai, kemudian diadopsi oleh pemerintah daerah. Tapi yang terjadi, bisa jadi saat ini banyak swasta juga yang meniru yang dilakukan pemerintah daerah," kata Bhima dalam webinar "Accelerating Digital Transformation In Local Government" dalam rangkaian "March Festival MNC Portal Indonesia", Kamis (24/3/2022).

Dijelaskan, pihak swasta bisa jadi 'mengintip' terobosan-terobosan baru yang dilakukan pemerintah. Terobosan itu bermanfaat untuk tumbuh suburnya dunia bisnis.



"Jadi mereka seperti mengintip ini kebijakan satu data seperti apa, bisa nggak diadopsi untuk mempercepat misalnya transformasi di bisnis start up atau pun bisnis-bisnis lainnya. Jadi, bisa jadi kolaborasi yang menarik," katanya.

"Kolaborasi bukan hanya dari pemerintah yang kemudian ke masyarakat. Tetapi yang menarik adalah bagaimana kolaborasi juga sebagai bentuk kolaborasi pemerintah dengan swasta," katanya.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Berdampak Positif terhadap Digitalisasi
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5045 seconds (0.1#10.140)