Menkes Proyeksikan Pandemi Covid-19 Jadi Endemi Pada September 2022

Rabu, 23 Maret 2022 - 20:44 WIB
loading...
Menkes Proyeksikan Pandemi Covid-19 Jadi Endemi Pada September 2022
Pemerintah memproyeksikan Indonesia bisa menyelesaikan transisi ke endemi pada September 2022. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa pemerintah telah menetapkan roadmap pandemi Covid-19 menuju endemi . Pemerintah menargetkan Indonesia bisa menyelesaikan transisi ke endemi pada September 2022.

"Memang sebaiknya ada roadmap, at least (setidaknya) di sisi kesehatan yang kita bisa pegang, sehingga kita memiliki target yang bisa kita kejar secara konkret agar masyarakat siap menghadapi transisi," kata Menkes Budi dalam Raker di Komisi IX DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Indikator pandemi menjadi endemi sesuai standar WHO adalah level 1, yakni kasus terkonfirmasi positif 20/100.000 penduduk, rumah sakit 5/100.000 penduduk, kematian 1/100.000 penduduk. Kemudian syarat vaksinasi Covid-19 lengkap sebesar 70% dari jumlah populasi.



Kemenkes juga sudah mendiskusikan hal ini dengan para epidemiolog dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), dan Universitas Airlangga (Unair). Mereka meminta agar ditambahkan satu kriteria lagi, yakni laju penularan di bawah level 1 selama 6 bulan.

"Untuk informasi bapak ibu, begitu kasus Delta naik di bulan September (2021) kita sempat reproduction rate di bawah 1 sampai Desember (2021), kemudian Desember mulai naik lagi," ungkap Budi.

Atas dasar itu, kata Menkes, transisi dari pandemi menuju endemi sangat mungkin tercapai pada akhir 2022. Sebab, pada akhir Maret 2022 ini, laju penularan Covid-19 bisa di bawah level 1. Jika ditarik selama 6 bulan ke depan dari Maret 2022 dan tidak ada lagi varian baru Covid-19, maka transisi endemi bisa dicapai.

"Saya rasa mungkin di akhir bulan ini reproduction rate (laju penularan) kita bisa di bawah 1. Jadi kalau Maret bisa di bawah 1, kita tarik 6 bulan dari Maret, kalau mudah-mudahan tidak ada varian baru ya, mudah-mudahan bisa kita atasi," katanya.

Baca juga: Dari Pandemi Covid-19 Menuju Endemi

Kesiapan Masyarakat Penting dalam Transisi Endemi
Menkes Budi juga memaparkan bahwa kesiapan masyarakat menjadi hal yang penting dalam proses transisi dari pandemi ke endemi. Sebab, tidak mungkin pandemi selamanya. Pandemi lama-kelamaan akan berubah menjadi endemi, sebagaimana penyakit flu yang juga sebelumnya pandemi. Karena itu, masyarakat harus siap bertanggung jawab atas kesehatannya sendiri.

"Kalau kesadaran dan kesiapan masyarakat sudah tinggi, sehingga mereka bisa bertaggung jawab atas kesehatan mereka sendiri, itu adalah ciri-ciri perubahan transisi dari pandemi menjadi endemi," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2474 seconds (0.1#10.140)