Bertemu Ketua Parlemen Timor-Leste, Puan Singgung Penyelesaian Batas Negara

Rabu, 23 Maret 2022 - 19:51 WIB
loading...
Bertemu Ketua Parlemen Timor-Leste, Puan Singgung Penyelesaian Batas Negara
Ketua DPR Puan Maharani melakukan pertemuan pull aside dengan Ketua Palemen Republik Demokratik Timor-Leste, Ancieto Longuinhos, Rabu (23/3/2022) siang. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani melakukan pertemuan pull aside dengan Ketua Palemen Republik Demokratik Timor-Leste , Ancieto Longuinhos, Rabu (23/3/2022) siang. Dalam pertemuan itu, Puan menyinggung mengenai persoalan perbatasan negara antara Indonesia dan Timor Leste yang masih belum selesai.

Pertemuan digelar di sela-sela 144th Assembly of the Inter Parliamentary Union (IPU) di Bali International Convention Centre (BICC) Nusa Dua, Bali, Rabu (23/3/2022).

"Saya berharap kita dapat menyelesaikan negosiasi perbatasan kedua negara yang tertunda karena pandemi. Kami meminta dukungan dari Timor Leste untuk mempercepat penyelesaian penentuan perbatasan darat di Segmen Noel Besi-Citrana, dan Segmen Bijael Sunan-Oben," kata Puan dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu (23/3/2022).

Terkait kerja sama parlemen, Puan kembali menyampaikan dukungan Indonesia atas keanggotaan Timor-Leste di ASEAN serta Parlemen Timor-Leste ke AIPA (ASEAN Inter-Parliamentary Assembly)."Saya ingin Indonesia terus dilibatkan dalam pembangunan di Timor Leste, termasuk pembangunan infrastruktur," katanya.

Baca juga: Puan Ajak Forum Parlemen Dunia Perkuat Kerja Sama Internasional

Pada hari ini Puan juga melakukan pertemuan bilateral dengan Ketua Senat/Wakil Presiden Majelis Nasional Kerajaan Thailand Prof Pornpetch Wichitcholchai. Ia mengapresiasi Pemerintah Thailand yang turut membuka vaksinasi bagi WNI di Negeri Gajah Putih.

Puan juga menyinggung soal rencana Thailand yang akan memasukkan Covid-19 sebagai endemi pada Juli 2022. Indonesia juga sedang dalam masa transisi menuju endemi Covid-19.

"Berbagai penyesuaian saat ini telah dilakukan Indonesia. DPR ikut melakukan pengawasan terhadap upaya pemerintah yang sedang menyusun roadmap dalam rangka menuju situasi endemi," tutur perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR ini.

Pertemuan itu menjadi momentum tepat bagi Indonesia dan Thailand untuk membahas berbagai kerja sama. Khususnya agar ada peningkatan kerja sama setelah untuk beberapa waktu tertahan karena pandemi.

"Saya senang mengamati hubungan bilateral RI-Thailand berkembang dengan baik selama 72 tahun terakhir, bahkan di masa pandemi Covid-19. Termasuk perkembangan baik dalam kerja sama perdagangan dan investasi yang meningkat dari tahun sebelumnya," ujar mantan Menko PMK itu.

Untuk terus mendorong tren positif tersebut, Puan menilai perlu ada penyelenggaraan kembali berbagai forum kerja sama yang tertunda karena pandemi, baik di tingkat parlemen maupun kementerian-kementerian teknis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1295 seconds (0.1#10.140)