Heroik! 69 Pasukan Khusus TNI AU Gugur Ditembak dalam Misi Pengibaran Bendera Merah Putih

Minggu, 20 Maret 2022 - 07:17 WIB
loading...
A A A
”Di Kampung Wersar, saya melihat Bendera Merah Putih yang dikibarkan SMU Mengko dan teman-temannya sudah berkibar,” kenang PU I Rebo Hartono dalam buku berjudul “Heroisme PGT Dalam Operasi Serigala: Pengibaran Bendera Merah Putih Pertama di Teminabuan” yang diterbitkan Subdisjarah Dinas Penerangan Angkatan Udara (Dispenau).

Heroik! 69 Pasukan Khusus TNI AU Gugur Ditembak dalam Misi Pengibaran Bendera Merah Putih


Perang gerilya yang dilakukan Kopasgat membuat Belanda kewalahan dan mengirimkan bala bantuan dari Biak ke Teminabuan. Sebanyak 2 Kompi Marinir, yang merupakan pasukan elite Belanda itu dikirim untuk menghadapi prajurit Kopasgat.

”Operasi ini sukses, PGT AURI berhasil mengemban misi Trikora yakni mengibarkan Bendera Merah Putih di Kampung Wersar Teminabuan. Sebagai tanda untuk pertama kalinya Bendera Merah Putih berkibar di Irian Barat. Keberhasilan misi ini harus ditebus dengan gugurnya 69 prajurit PGT,” tulis buku tersebut,

Di kemudian hari, aksi heroik Kopasgat di Kampung Wersar diabadikan dalam Tugu Merah Putih. Pada tugu perjuangan tersebut terdapat lambang Swa Bhuana Paksa sebagai bentuk kebanggaan TNI AU dalam peranannya mengintegrasikan Irian Barat ke dalam wilayah Indonesia.

Di atas tugu terdapat patung prajurit Kopasgat dengan payung mengembang yang menggambarkan heroism. Di masing-masing sisi tugu terdapat nama-nama prajurit Kopasgat yang gugur maupun selamat dalam penerjunan di Teminabuan.

(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)