Klarifikasi Komisioner KPU-Bawaslu Setelah Pertemuan dengan Cak Imin Viral

Senin, 14 Maret 2022 - 17:46 WIB
loading...
Klarifikasi Komisioner KPU-Bawaslu Setelah Pertemuan dengan Cak Imin Viral
Beredarnya informasi pertemuan antara 12 anggota KPU-Bawaslu dengan Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menuai tanda tanya besar di publik. Foto/Instagram
A A A
JAKARTA - Beredarnya informasi pertemuan antara 12 anggota KPU-Bawaslu dengan Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menuai tanda tanya besar di publik. Informasi ini viral setelah Cak Imin mengunggahnya di instagramnya.

Baca juga: Pemilihan Anggota KPU-Bawaslu Dinilai Tidak Transparan

Atas kecurigaan publik itu, tujuh orang mewakili 12 komisioner terpilih tersebut memberikan penjelasan atas pertemuan mereka di di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta. Mereka menjelaskan pertemuan tersebut terjadi karena undangan dari pimpinan DPR.
Klarifikasi Komisioner KPU-Bawaslu Setelah Pertemuan dengan Cak Imin Viral

"Pada hari Kamis 10 Maret 2022, tujuh calon anggota KPU terpilih dan lima calon anggota Bawaslu terpilih, diundang oleh Pimpinan DPR yang terdiri dari Ketua DPR Puan Maharani; Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad dan Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar," ujarnya mereka melalui keterangan, Senin (14/3/2022).

Mereka menegaskan, seharusnya pertemuan juga dihadiri oleh pimpinan DPR lainnya yakni Lodewijk dan Rahmat Gobel. Namun dikarenakan adanya agenda lain, pertemuan hanya bisa dihadiri oleh tiga pimpinan saja.

Dalam pertemuan tersebut, mereka menjelaskan pimpinan DPR berpesan kepada komisioner KPU-Bawaslu terpilih agar bekerja berdasarkan konstitusi dan Undang-Undang (UU) Pemilu.

"Dalam audiensi juga dipesankan agar KPU dan Bawaslu bekerja secara profesional, mandiri, akuntabel dan transparan," ujar mereka.

Selain itu kepada 12 pejuang demokrasi tersebut, Pimpinan DPR meminta untuk meningkatkan layanan kepada publik. Layanan ini dimaksudkan agar publik dapat dipandu dalam hal menggunakan hak pilihnya dan melayani peserta pemilu.

"Oleh karena itu, agar layanan berjalan efektif, diharapkan digunakan metode komunikasi yang strategis," tutur mereka menambahkan.

Dalam keterangan tersebut, tujuh orang yang mewakili merupakan anggota KPU terpilih. Ketujuhnya ialah August Melasz, Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy'ari, Idham Holik, M. Afifuddin, Parsadaan Harahap, dan Yulianto Sudrajat.

Diketahui, tujuh Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lima Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terpilih bertandang ke kantor Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar ( Cak Imin ) di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta. Pertemuan itu diunggah langsung di akun Instagram @cakiminow.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2406 seconds (0.1#10.140)