Perbandingan Negara di ASEAN, Ainun Najib: Logo Halal Thailand Paling Efektif

Minggu, 13 Maret 2022 - 10:12 WIB
loading...
Perbandingan Negara di ASEAN, Ainun Najib: Logo Halal Thailand Paling Efektif
Kader NU yang merupakan praktisi teknologi, Ainun Najib menyebut logo halal Thailand jadi contoh logo paling efektif untuk kepastian halal dari suatu produk. Foto/@seasia.co
A A A
JAKARTA - Kader NU yang merupakan praktisi teknologi, Ainun Najib menyebut logo halal Thailand justru menjadi contoh logo paling efektif untuk memberikan informasi kepastian halal dari suatu produk.

Baca juga: Produk Halal, Antara Gaya Hidup dan Sadar Halal

Hal ini setelah Ainun Najib membandingkan sejumlah logo halal pada negara-negara di ASEAN, seperti Malaysia, Singapura, Brunei, dan Indonesia.



"Sebagai konsumen yang paling efektif itu logo halal Thailand. Dipandang sekilas dan dari jauh pun jelas banget itu logo halal," dikutip dalam akun Twitternya, @ainunnajib, Minggu,(13/3/2022).

Menurutnya dari sembilan logo halal yang dibagikan oleh akun Instagram @seasia.co. Hanya logo halal Thailand yang tampak dengan jelas tulisan arab dengan bentuk wajik berwarna hijau.

Sehingga Ainun menilai dapat memudahkan para konsumen untuk mencari produk halal. "Apalagi kalau sudah terbiasa dengan bentuk wajiknya itu,"ujar dia.

Sebelumnya, label halal baru yang diterbitkan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama menjadi perbincangan. Pasalnya logo tersebut dinilai "maksa" karena huruf Arab dianggap tak terlihat dan terkesan banyak menggunakan unsur jawasentris.

Sejumlah netizen turut berkomentar terkait hal tersebut.

"Maksa banget apa apa harus ada unsur "budaya tradisional" Alias gimmick doang. Mana jawa sentris mulu pula,"tulis akun@mightysapp****

"Kamboja, Thailand, Vietnam, Myanmar dan Filipina negara yang mayoritas non muslim logo halal nya jelas sekali huruf Arab nya lah Indonesia kok malah diganti dan adakah yg bisa membaca logo yg baru ini?,"tulis akun @Penjejakbu****
(maf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1804 seconds (11.97#12.26)