3 Provinsi Siaga Hujan Lebat, 25 Status Waspada

Minggu, 13 Maret 2022 - 04:15 WIB
loading...
3 Provinsi Siaga Hujan Lebat, 25 Status Waspada
BMKG menyampaikan peringatan dini potensi hujan lebat yang terjadi di wilayah Indonesia. Dampak dari hujan lebat dapat memicu bencana hidrometeorologi. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini potensi hujan lebat yang terjadi di wilayah Indonesia. Dampak dari hujan lebat dapat memicu bencana hidrometeorologi.

Ancaman hujan lebat ini berpotensi terjadi pada Minggu 13 Maret 2022 pukul 7.00 WIB, sampai dengan Senin 14 Maret 2022 pukul 7.00 WIB. Tiga provinsi dinyatakan siaga, yakni Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), dan DI Yogyakarta. Sementara 25 provinsi lainnya masuk kategori waspada.



“Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta esok hari 13 Maret 2022 berada dalam kategori Siaga terhadap dampak dari potensi hujan lebat. Sementara itu, 25 provinsi lainnya dalam kategori Waspada,” tulis prakirawan BMKG dalam akun Instagramnya @infobmkg, dikutip Minggu (13/3/2022).

Untuk itu, BMKG mengimbau agar masyarakat dapat mengantisipasi kemungkinan bencana hidrometeorologi yang mungkin terjadi.

“Sobat BMKG harap mengantisipasi kemungkinan bencana hidrometeorologi yang dapat terjadi dan melakukan langkah-langkah pencegahan sesuai infografis,” imbaunya.



Untuk wilayah Jawa Barat, Pangandaran, Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya, masuk kategori siaga. Sementara yang masuk kategori waspada di antaranya Garut, Ciamis, Kota Sukabumi, Kota Bekasi, Bogor, Kota Banjar, Bandung, Sukabumi, Cianjur, Kota Depok dan Kota Bogor.

Di Jawa Tengah, Purworejo dan Cilacap masuk kategori siaga. Untuk peringatan waspada meliputi Kota Surakarta, Klaten, Wonosobo, Magelang, Banyumas, Batang, Brebes, Sukoharjo, Kebumen, Banjarnegara, Kota Magelang, Pekalongan dan Tegal.

Lalu di DI Yogyakarta, Sleman dan Kulon Progon masuk peringatan siaga. dan Gunung Kidul masuk kategori waspada.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2386 seconds (0.1#10.140)