Jokowi Ucapkan Selamat kepada Presiden Korsel Terpilih Yoon Suk-yeol

Sabtu, 12 Maret 2022 - 17:24 WIB
loading...
Jokowi Ucapkan Selamat kepada Presiden Korsel Terpilih Yoon Suk-yeol
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan selamat kepada Presiden Korea Selatan (Korsel) terpilih Yoon Suk-yeol. FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan selamat kepada Presiden Korea Selatan (Korsel) terpilih Yoon Suk-yeol. Jokowi menantikan kerja sama antara Republik Indonesia (RI) dan Republic of Korea (ROK).

"Congratulations to President elect Yoon Suk-yeol. I look forward to working closely with you to further advance RI-ROK Special Strategic Partnership (Selamat kepada Presiden terpilih, Yoon Suk-yeol. Saya berharap bisa bekerja lebih erat dengan Anda untuk memperkuat kemitraan strategis RI-ROK)," tulis Jokowi lewat akun media sosial resminya, Sabtu (12/3/2022).

Selain itu, Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Korsel sebelumnya Moon Jae-in atas kerja sama yang selama ini terjalin. "Thanking also my good friend President Moon Jae-in for his dedication in strengthening the friendship between RI and KR (Terima kasih juga kepada teman baik saya Presiden Moon Jae-in atas dedikasinya dalam memperkuat persahabatan antara Indonesia dan Korsel)," tulis Jokowi lagi.



Untuk diketahui, Yoon Seok-yeol telah memenangkan pemilihan presiden pada 10 Maret 2022. Presiden baru terpilih Korsel ini merupakan mantan Jaksa Agung. Dia memenangkan pemilihan dari kandidat partai yang berkuasa Lee Jae-myung.

Lee Jae-myung pun telah mengakui kekalahan dan memberi selamat kepada Yoon Seok-yeol. Dengan lebih dari 95% suara dihitung dan Yoon memimpin. Bahkan, Lee berbicara kepada wartawan di markas Partai Demokrat pada Kamis pagi dan mengakui bahwa dia gagal.

Sementara itu, Presiden baru Korsel harus mengatasi tantangan, termasuk gelombang infeksi Covid-19 terburuk di Korea Selatan, meningkatnya ketidaksetaraan, dan melonjaknya harga rumah, sambil menavigasi persaingan yang semakin tegang antara China dan Amerika Serikat.

Baca juga: Tingkatkan Pertahanan, Korsel Luncurkan Satelit Militer
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1158 seconds (0.1#10.140)