Profil Dhony Rahajoe, Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara

Kamis, 10 Maret 2022 - 17:41 WIB
loading...
Profil Dhony Rahajoe, Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara
Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara Dhony Rahajoe. FOTO/ANTARA
A A A
JAKARTA - Presiden Jokowi telah resmi melantik Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe untuk memimpin Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Bambang sebagai Kepala Otorita IKN, sedangkan Dhony menjadi wakilnya.

Bambang dan Dhony dilantik berdasarkan Keppres Nomor 9 M Tahun 2021 tentang Pengangkatan Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara. Sebelum dilantik keduanya terlebih dahulu menerima petikan surat keputusan presiden (Keppres) tersebut.

"Sebelum saya mengambil sumpah berkenaan dengan pengangkatan saudara-saudara sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara terlebih dahulu saya akan bertanya kepada saudara-saudara, Bersediakah saudara-saudara untuk diambil sumpah menurut agama Islam?" tanya Jokowi, Kamis (10/3/2022).



"Bersedia," jawab Bambang dan Dhony.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya. Serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," demikian kutipan pengambilan sumpah yang dibacakan Presiden Jokowi yang diikuti oleh Bambang dan Dhony.

Lalu siapa Dhony Rahajoe? Berikut profil Dhony Rahajoe yang dirangkum tim Litbang MPI.

Dhony tercatat sebagai Managing Director President Office Sinar Mas Land. Seperti diketahui, Sinar Mas adalah pengembang properti terbesar di Indonesia. Sinar Mas juga memiliki diversifikasi produk yang amat beragam dan sudah berdiri selama lebih dari 40 tahun.

Selain menjadi petinggi di Sinar Mas Land, Dhony pun aktif sebagai Anggota Badan Pembina Yayasan ITSB (Institut Teknologi Sains Bandung). Yayasan ini adalah milik Sinar Mas Group yang kemudian mendirikan kampus ITSB. Dalam mengembangkan standar akademik, ITSB bekerja sama dengan ITB (Institut Teknologi Bandung), dan pelaksanaannya dituangkan dalam sebuah perjanjian kerja sama.

Baca juga: Bambang Susantono Dilantik Jadi Kepala Otorita IKN Besok, Dhony Rahajoe Wakilnya

Di beberapa kesempatan, Dhony pernah bertemu dengan Jokowi. Salah satunya saat Jokowi berkunjung ke BSD City, tepatnya di kawasan Green Office Park, pada Desember tahun lalu. Kunjungan yang dilakukan Jokowi ini terkait rencana pembangunan IKN di Kalimantan Timur.
(abd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2895 seconds (11.210#12.26)