Persiapan Haji 2022, Kemenag Kirim Tim Delegasi ke Arab Saudi

Sabtu, 05 Maret 2022 - 04:34 WIB
loading...
Persiapan Haji 2022, Kemenag Kirim Tim Delegasi ke Arab Saudi
Kementerian Agama (Kemenag) telah mengirimkan tiga tim delegasi dari Subdit Layanan Haji Luar Negeri Kemenag berjumlah 30 orang ke Arab Saudi dalam rangka persiapan penyelenggaraan haji. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) telah mengirimkan tiga tim delegasi dari Subdit Layanan Haji Luar Negeri Kemenag berjumlah 30 orang ke Arab Saudi. Di mana tiga tim tersebut terdiri dari Subdit Akomodasi, Katering, dan Transportasi dalam rangka persiapan penyelenggaraan haji 1443H/2022M .

Menurut Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Ditjen PHU Kemenag Subhan Cholid, tim delegasi telah diberangkatkan sejak tanggal 24 Februari 2022 dan diperkirakan akan kembali pada awal April 2022.

"Jadi sekitar 30 orang untuk melihat kesiapan Jeddah, Madinah, Mekkah, serta Arminah," ujar Subhan saat dihubungi MNC Portal, Jumat (4/3/2022).

Subhan menyampaikan bahwa tim delegasi yang telah berada di Arab Saudi hanya untuk menjajaki potensi-potensi layanan teknis terkait fasilitas untuk calon jamaah haji asal Indonesia di Arab Saudi. Misalnya dalam mengecek tingkat kelayakan pada hotel, dapur, transportasi, dan lain lain.

"Jadi itu kira-kira hanya teknis, tidak dalam rangka untuk membahas dengan Pemerintah Arab. Tapi lebih pada konteks teknis dengan penyedia layanan," jelasnya.

"Kalau tim yang kita kirim ini, bagian dari mediasi Pemerintah Indonesia terkait dengan kesiapan kita kalau haji diselenggarakan," sambungnya.

Hal ini pun ditegaskan secara terpisah oleh Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali yang mengatakan bahwa delegasi yang telah berada di Saudi hanya fokus pada persiapan layanan haji. Hal ini dilakukan jika nantinya Pemerintah Arab Saudi mengumumkan kepastian adanya Haji, maka Pemerintah Indonesia sudah siap dari aspek persiapan layanan.

"Delegasi ini lebih pada preparing adapun kebijakan ada atau tidak ada haji sepenuhnya domain Pemerintah Arab Saudi," ucap dia.

"Jadi bukan kepada aspek negosiasi kebijakan haji akan tetapi pada aspek preventif dan preparing jika ada kepastian haji dari Pemerintah Arab Saudi kita sudah siap," tutup dia.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1263 seconds (0.1#10.140)