Ganjar Berikan Gamelan 110 Desa, Seniman Tradisi Ajak Generasi Muda Cinta Kesenian

Kamis, 03 Maret 2022 - 20:53 WIB
loading...
Ganjar Berikan Gamelan 110 Desa, Seniman Tradisi Ajak Generasi Muda Cinta Kesenian
Sejumlah kelompok kesenian tradisional di Temanggung, Jateng, mendapat bantuan seperangkat alat gamelan dari Gubenur Ganjar Pranowo
A A A
TEMANGGUNG - Suara gamelan menggema dari pendapa wisata Bumi Makukuhan Desa Wonosari, Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung, Kamis (3/3/2022) siang. Rutin, para niaga (pemain gamelan) latihan bersama para penari jatilan atau jaran kepang tiap sepekan.

"Bersatu padu bersama Ganjar Pranowo. Gotong Royong Mbangun Seni Budaya. Tak akan menyerah hadapi marabahaya..." lantunan syair itu menjadi pembuka dalam latihan kali ini. Tembang itu diciptakan sebagai wujud terima kasih atas kepedulian Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang telah memberikan bantuan seperangkat gamelan untuk desa setempat.

"Di desa ini ada tiga kelompok kesenian. Tapi selama ini untuk beli alat gamelan tidak mampu. Alhamdulillah ini dapat bantuan dari Pak Ganjar," ujar Mardiyono, seniman Desa Wonosari, ditemui usai latihan.

Dengan adanya bantuan gamelan tersebut, keberadaan kesenian di desanya kian berkembang. Bahkan, banyak generasi muda yang juga ikut berlatih. "Kalau jenis kesenian di sini ada wayang kulit, jatilan, dan topeng ireng. Sekarang bukan hanya kalangan tua saja yang main, anak-anak SD juga ada yang ikut kita ajak bermain," tuturnya.

Ke depan, kelompok kesenian yang ada di desanya dipersiapkan untuk dapat turut serta mengembangkan wisata Bumi Makukuhan Desa Wonosari. "Ke depan bisa ditampilkan di tempat wisata di desa ini. Selain itu juga bisa tampil di acara tradisi desa seperti nyadran dan merti bumi," katanya.
Ganjar Berikan Gamelan 110 Desa, Seniman Tradisi Ajak Generasi Muda Cinta Kesenian

Disinggung soal tembang untuk Ganjar Pranowo, Mardiyono mengaku itu sebagai ungkapan terimakasih karena telah memberikan bantuan gamelan. "Itu sebagai ungkapan terimakasih, karena Pak Ganjar perhatian kepada kesenian tradisional," paparnya.

Bukan hanya kalangan seniman saja yang dapat menikmati bantuan gamelan tersebut. Ibu-ibu PKK Desa Wonosari juga memanfaatkannya untuk membuat satu grup kesenian.

Asih, anggota PKK Desa Wonosari menuturkan bahwa pihaknya sangat senang atas bantuan gamelan tersebut. Saat ini, PKK dapat ikut memeriahkan ketika ada pertunjukan kesenian di desanya. "Iya, senang dapat bantuan dari Pak Ganjar. Kita latihan rutin dan dipentaskan kalau ada acara-acara desa," ucapnya.

Dari data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, sejak 2014 hingga saat ini sudah ada 110 desa yang menerima bantuan seperangkat alat gamelan. Terkait besarannya berbeda-beda, mulai dari Rp75 juta sampai Rp200 juta. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1436 seconds (0.1#10.140)