Pertempuran Masih Berkecamuk, Menlu: 4 WNI Masih Tertahan di Kota Lviv Ukraina

Kamis, 03 Maret 2022 - 20:05 WIB
loading...
Pertempuran Masih Berkecamuk, Menlu: 4 WNI Masih Tertahan di Kota Lviv Ukraina
Sebanyak 80 WNI dan 3 WNA yang dievakuasi dari Ukraina telah tiba di Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Foto/SINDOnews
A A A
TANGERANG - Sebanyak 80 WNI dan 3 WNA yang dievakuasi dari Ukraina telah tiba di Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kamis (3/3/2022). Meski demikian, masih ada 4 WNI yang tertahan di Ukraina, dan 14 WNI di Bukares, Rumania.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, 4 WNI itu sebelumnya berada di Kota Kharkiv dan berhasil tiba di Kota Lviv, Ukraina. Kharkiv saat ini masih berlangsung pertempuran antara Rusia dan Ukraina.



"Hari ini terdapat 4 WNI sudah dapat keluar dari Kharkiv dan tiba di Lviv dengan selamat," ungkap Retno, di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kamis (3/3/2022).


Retno menambahkan para WNI itu keluar dari Kota Kharkiv melalui perjalanan yang tidak mudah. Mereka harus melalui berbagai proses pemeriksaan di tengah jam malam yang sangat ketat. Mereka juga harus melanjutkan perjalanan ke Rumania, dengan menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 12 jam.

"Mereka akan dibawa ke Polandia untuk tes kesehatan. Kami akan terus berupaya melakukan evakuasi," katanya.

Sementara itu, untuk 14 WNI yang masih berada di Bukares, Rumania akan segera dipulangkan begitu keadaan memungkinkan. 12 WNI di antaranya dinyatakan positif Covid-19, sementara 2 lainnya memilih menetap untuk menemani keluarganya yang positif Covid-19.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3961 seconds (0.1#10.140)