Airlangga Pimpin Sherpa Track, Adies Kadir Puji Peran TNI-Polri

Kamis, 03 Maret 2022 - 11:18 WIB
loading...
Airlangga Pimpin Sherpa Track, Adies Kadir Puji Peran TNI-Polri
Presiden Jokowi menetapkan Panitia Nasional Presidensi G-20 Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memimpin Sherpa Track. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Peran TNI dan Polri pada masa pandemi Covid-19 ini sangat vital. Kedua lembaga negara ini tak hanya berperan sesuai tupoksinya. Namun juga mendorong upaya pemulihan ekonomi nasional dan penanganan pandemi di Tanah Air.

Baca juga: Ekonomi Tumbuh Positif, Menko Airlangga: Beda Cerita Jika Tidak Didukung Polri

"Kita patut berterima kasih kepada TNI dan Polri, karena selain menjalankan tugas-tugas negara, mereka juga membantu pelaksanaan kebijakan ekonomi pemerintah," kata Adies Kadir, Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam), Kamis (3/3/2022).

Baca juga: Dukungan Santri Mengalir untuk Airlangga Hartarto Maju Capres 2024

Adapun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan Panitia Nasional Presidensi G-20 Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto memimpin Sherpa Track.



Adies mencontohkan, sepanjang tahun 2021 penyaluran bantuan ekonomi kepada masyarakat dapat dilakukan dengan sukses dan tepat sasaran berkat kesigapan TNI dan Polri. Bahkan, tingkat kesuksesan penyaluran bantuan tersebut mencapai 99 persen.

"Ini juga menjadi bukti bahwa TNI-Polri mampu bekerja secara profesional dalam keterlibatan mereka menangani pandemi selama dua tahun terakhir. Selain menjaga kedaulatan dan keamanan negara, kedua lembaga ini juga dapat diandalkan dalam pemulihan ekonomi nasional," ungkap anggota Fraksi Partai Golkar di DPR ini.

Guna memanfaatkan momentum pertumbuhan ekonomi tahun ini, Pemerintah kembali memutuskan untuk terus mendorong berbagai program pemulihan ekonomi nasional. Salah satunya di sektor perlindungan sosial melalui Bantuan Tunai untuk PKL, Warung, dan Nelayan (BT-PKLWN).

Pemerintah seperti dituturkan Airlangga Hartarto dalam Rapat Pimpinan Polri, Rabu (2/3/2022) juga kembali memutuskan program BT-PKLWN tahun 2022 kembali disalurkan dengan bantuan TNI-Polri.

Kali ini, target TNI-Polri diharapkan bisa membantu program pemerintah dalam penanganan kemiskinan ekstrem di 212 kabupaten/kota.

"Saya yakin dengan kemampuan teritorial yang mereka miliki serta sumber daya manusia yang memiliki kedisiplinan tinggi, TNI dan Polri akan mampu melaksanakan tugas yang diberikan oleh pemerintah ini dengan baik," tutur Adies yang juga Wakil Ketua Komisi III DPR.

Tahun ini, selain membantu penyaluran bantuan dan program pemulihan ekonomi Menko Airlangga Hartarto yang juga Ketua Umum Partai Golkar, TNI-Polri juga berperan menyukseskan agenda Presidensi G20 di Tanah Air.

Dukungan jajaran Polri sangat dibutuhkan untuk mendukung kelancaran G20 dari awal hingga acara puncak yang akan diselenggarakan November nanti di Bali.

"Selama Presidensi G20 nanti kita memerlukan pengamanan ekstra ketat mengingat akan banyak pemimpin dunia yang hadir sehingga peran TNI dan Polri sangat vital karena dibutuhkan untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan tamu-tamu negara," tutur Adies.
(maf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1563 seconds (10.101#12.26)