SMRC: Ganjar Menang Telak di Pemilih Kritis

Senin, 28 Februari 2022 - 18:05 WIB
loading...
SMRC: Ganjar Menang Telak di Pemilih Kritis
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo unggul dalam riset SMRC kepada pemilih kritis di Tanah Air terkait elektabilitas calon presiden 2024. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) melakukan riset kepada pemilih kritis di Tanah Air terkait elektabilitas calon presiden 2024. Walhasil, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menang telak mengungguli tokoh lainnya.

SMRC melaksanakan survei di kalangan pemilih kritis, yaitu kelompok dengan kriteria memiliki telepon, tinggal di perkotaan, berpendidikan tinggi, dan sering mengakses berita sosial politik dari berbagai media. Tercatat, ada 72% pemilih kritis dari populasi pemilih nasional.

Para responden diberikan pertanyaan 'Bila pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan ibu/bapak pilih sebagai presiden diantara nama-nama berikut'. Survei capres ini dilakukan secara spontan dan tertutup dengan berbagai simulasi.



Direktur Riset SMRC, Deni Irvani mengatakan, Ganjar unggul atas calon-calon presiden lainnya dalam kelompok pemilih kritis. Keunggulan tersebut terlihat dalam berbagai simulasi pertanyaan seperti pilihan spontan (top of mind), simulasi semi terbuka 29 nama, simulasi tertutup 15 nama, simulasi tertutup 3 nama, sampai simulasi tertutup 2 nama.

Deni menyebut, pada jawaban spontan atau top of mind, Ganjar berada di urutan teratas dengan dukungan sebesar 19,9%. Dilanjutkan, Manteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan 10,4%, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 9,8%.

"Sementara, calon-calon lain mendapat dukungan spontan di bawah 4%, dan yang belum tahu 45,7%," ucap Deni dalam kanal Youtube SMRC, Senin (28/2/2022).

Lalu, dalam simulasi semi terbuka dengan 29 nama, Ganjar tetap di posisi teratas dengan dukungan 26,8%. Lalu, Anies 13,9%, Prabowo 13,7%, Sandiaga Uno 5,8%, dan Ridwan Kamil 5,1%. Deni menuturkan calon-calon lain di bawah 3% serta yang belum tahu sebanyak 24%.

Baca juga: Ini Hasilnya Jika Prabowo Head to Head Anies di Pilpres 2024

"Dalam dua tahun terakhir, dukungan pemilih kritis kepada Ganjar dalam simulasi semi terbuka naik dari 7,7% pada survei Mei 2020 menjadi 26,8% pada survei terakhir 8-10 Februari 2022," paparnya.

"Sejak April 2021, Ganjar konsisten berada di urutan teratas, sementara Anies dan Prabowo bersaing ketat memperebutkan posisi kedua setelah Ganjar," tambahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2457 seconds (0.1#10.140)