PDIP: Perguruan Tinggi Harus Jadi Infrastruktur Kemajuan Bangsa Indonesia

Minggu, 27 Februari 2022 - 18:17 WIB
loading...
PDIP: Perguruan Tinggi Harus Jadi Infrastruktur Kemajuan Bangsa Indonesia
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat memberikan kuliah umum di Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh, Minggu (27/2/2022). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan ( PDIP ) Hasto Kristiyanto merasa terhomat saat hadir di Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh, Minggu (27/2/2022). Pasalnya, USK memiliki rekam jejak kuat dan kedekatan dengan Presiden Pertama RI sekaligus Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia Soekarno.

Kehadiran Hasto didampingi Ketua DPP PDIP Rokhmin Dahuri di USK untuk memberikan kuliah umum "Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila di Kalangan Sivitas Akademika Perguruan Tinggi Menuju Indonesia Emas 2045". Sebelum memberikan kuliah, Rektor USK Prof Samsul Rizal mengajak Hasto dan Rokhmin melihat Tugu Darussalam. Tugu ini diresmikan oleh Presiden Soekarno pada 2 September 1959 sekaligus membuka Fakultas Ekonomi sebagai faktultas pertama di USK. Ketiganya pun lalu berfoto bersama.

Dalam sambutannya, Hasto mengatakan, Bung Karno selalu mengingatkan kepada kaum muda Indonesia, termasuk mahasiswa dan mahasiswi Universitas Syiah Kuala untuk meletakkan, merumuskan, menempatkan cita-cita setinggi langit. Sebab, sekiranya jatuh, maka jatuh di antara bintang-bintang di angkasa raya.

"Kami sungguh sangat terhormat bisa berada di Universitas Syiah Kuala dengan rekam jejak kepemoporan yang begitu kuat," katanya.

Baca juga: Urusan Minyak Goreng dan Kedelai Lebih Penting, PDIP Minta Stop Berimajinasi Menunda Pemilu 2024

Hasto mengatakan, universitas harus menjadi pusat kemajuan di dalam penguasaan ilmu dan teknologi yang berakar terhadap apa yang Indonesia miliki. Sehingga, penelitian harus didorong untuk menunjukkan kemampuan sebagai bangsa berdikari. Salah satunya adalah bagaimana penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi itu berdasarkan Pancasila.

Hasto mengingatkan bagaimana Indonesia agar tidak mudah terpengaruh bahwa semua yang dari luar adalah yang paling baik dan bagus.

"Karena itulah memahami Pancasila apalagi berbicara revitalisasi, hanya bisa dilakukan kalau kita membongkar mentalitet kita. Mentalitet yang terjajah, mentalitet yang tertunduk yang mudah terpengaruh teori-teori dari luar. Untuk itu kita kembangkan teori kita sendiri berdasarkan kondisi rakyat Indonesia, kebudayaan dan kondisi geografis bangsa, serta sumber daya yang dimiliki rakyat Indonesia, itu tugas perguruan tinggi," kata Hasto.

Baca juga: Tiba di Aceh, Sekjen PDIP Sampaikan Salam Hangat Megawati Soekarnoputri

Politikus asal Yogyakarta ini mencontohkan, bahwa dengan Pancasila, Indonesia bisa menjadi pemimpin di antara bangsa di dunia, dihormati di Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Perlu ada keterlibatan universitas untuk menggaungkan kembali spirit pembumian Pancasila dan agar Indonesia bisa berdiri dengan kaki sendiri, setidaknya di bidang pangan, energi, pertahanan, dan keuangan.

Hasto mengingatkan pesan Presiden Soekarno yang menyebut universitas menjadi city of intellect. "Perguruan Tinggi harus menjadi infrastruktur kemajuan bangsa Indonesia. Enggak akan Indonesia maju tanpa perguruan tingginya maju, jangan dibalik," tutur Hasto.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1994 seconds (0.1#10.140)