Ini 3 penyebab tenggelamnya Demokrat

Minggu, 16 Desember 2012 - 07:33 WIB
Ini 3 penyebab tenggelamnya Demokrat
Ini 3 penyebab tenggelamnya Demokrat
A A A
Sindonews.com - Pengamat politik Fadjroel Rachman menilai, tenggelamnya Partai Demokrat (PD) saat ini disebabkan oleh tiga faktor.

Faktor pertama adalah karena citra partai berlambang bintang mercy ini, sudah tidak seimbang dengan iklan antikorupsi yang sempat mereka gembar-gemborkan beberapa tahun lalu.

"Korupsi di tingkat elite Demokrat, salah satunya yang membuat partai ini hancur," kata Fadjroel, saat dihubungi Sindonews, Minggu (16/12/2012).

Fadjroel menjelaskan, penyebab yang kedua karena di tingkat organisasi, saat ini terdapat perpecahan yang sangat terlihat.

"Skrng ada perpecahan di tubuh Demokrat antara pendukung Anas Urbaningrum (Ketua Umum PD) dan anti Anas. Memang ada kubu yang netral, tetap pada akhirnya nanti mereka akan diminta sikapnya. Tapi saat ini kubu netral tersebut masih berlindung dibalik SBY (Susilo Bambang Yudhoyono)," pungkasnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan penyebab yang ketiga adalah, massa di Demokrat saat ini terjadi kebingungan politik. Pasalnya, di 2014 Presiden SBY sudah tidak lagi menjabat, dia akan habis di tahun tersebut.

"Di level massa, sekarang mengalami kebingungan. Karena SBY juga sudah habis jabatannya di 2014. Suara mereka nanti akan pergi kemana atau akan memilih siapa," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3634 seconds (0.1#10.140)