Pemerintah Bersiap Evakuasi 153 WNI di Ukraina ke Polandia atau Rumania

Sabtu, 26 Februari 2022 - 22:18 WIB
loading...
Pemerintah Bersiap Evakuasi 153 WNI di Ukraina ke Polandia atau Rumania
Pemerintah Indonesia sedang bersiap untuk merelokasi atau mengevakuasi 153 Warga Negara Indonesia (WNI) keluar Ukraina menuju Polandia hingga Rumania. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mendata ada sebanyak 153 Warga Negara Indonesia (WNI) yang tersebar di Ukraina . Kemlu memastikan 153 warga Indonesia tersebut dalam kondisi selamat dan aman.

Mereka dilaporkan saat ini berada di rumah aman yang disiapkan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Ukraina. Namun, Pemerintah Indonesia sedang bersiap untuk merelokasi atau mengevakuasi ratusan WNI itu keluar Ukraina menuju Polandia hingga Rumania.

"Kita juga sudah menyiapkan pesawat dan tim evakuasi sebagai upaya antisipasi ketika para WNI kita bisa direlokasi, bukan hanya di safehouse, tapi juga kita bawa keluar menuju Polandia atau Rumania," ujar Direktur Perlindungan WNI Kemlu, Judha Nugraha saat menggelar konpers secara virtual, Sabtu (26/2/2022).



Kemlu memastikam bahwa telah melakukan berbagai upaya untuk melindungi para WNI setelah adanya penyerangan atau invasi skala penuh militer Rusia ke Ukraina. Salah satunya, dengan menyiapkan rumah aman (safe house) untuk para WNI. Saat ini, para WNI difokuskan berada di safe house KBRI.

"Kita telah menetapkan beberapa titik safe house, utamanya di KBRI. Kita segera menyampaikan kepada para WNI. untuk mendekat ke KBRI untuk beberapa warga negara yang kesulitan menjangkau KBRI karena kesulitan transportasi, kita juga membantu untuk melakukan penjemputan," terangnya.

Saat ini, para WNI di Ukraina terpantau mayoritas berada di Kota Kyiv dan Odesa. Untuk yang berada di Kyiv, para WNI diamankan di KBRI. Sementara yang berada di Odesa, para WNI diminta untuk berkumpul di satu titik aman.

"Untuk warga negara Indonesia di Selatan Ukraina yaitu di oddesa, kita juga meminta mereka berkumpul di beberapa titik dan juga yang ada di kota, itu kota yang dekat dengan perbatasan dengan Polandia," pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2028 seconds (0.1#10.140)