Ketua DPP Perindo: Indonesia Harus Mewaspadai Efek Domino Perang Rusia vs Ukraina

Jum'at, 25 Februari 2022 - 17:10 WIB
loading...
Ketua DPP Perindo: Indonesia Harus Mewaspadai Efek Domino Perang Rusia vs Ukraina
Ketua DPP Partai Perindo Bidang Hankam dan Cyber Security Dr. Susaningtyas NH Kertapati, MSi saat menjadi pembicara dalam kuliah umum untuk Pasis Seskoal, di Jakarta, Rabu (25/8/2021). FOTO/MPI/ARIEF JULIANTO
A A A
JAKARTA - Perang antara Rusia dan Ukraina meletus seperti banyak diperkirakan oleh para pakar dan pengamat. Konflik menahun sejak wilayah Ukraina di Krimea diduduki Rusia pada 2014 berujung serbuan Rusia di bagian Timur Ukraina.

Ketua DPP Partai Perindo Bidang Pertahanan dan Keamanan, Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati menilai NATO yang dipimpin Amerika Serikat gagal melaksanakan diplomasi pertahanan untuk mencegah terjadi perang. Kepentingan NATO juga belum tentu dibuktikan untuk membela Ukraina sebagai salah satu anggotanya.

"Boleh dikatakan sejak 2014, NATO tidak memberikan reaksi yang proporsional terhadap Rusia. Strategi pendangkalan NATO juga tidak efektif mencegah Putin memerintahkan operasi militer secara masif," kata pengamat militer dan intelijen ini.

Baca juga: Ukraina: Putin Penjahat Perang, Langsung Masuk Neraka

Menurutnya, perang yang terjadi di Balkan saat ini masuk dalam kategori perang asimetris. Rusia adalah kekuatan superior dengan kekuatan militer dan anggaran perang yang besar. Sementara Ukraina merupakan kekuatan inferior yang jelas kalah jauh kekuatan militernya.

Di atas kertas Rusia pasti ingin melaksanakan perang dalam waktu secepat-cepatnya, sementara Ukraina pasti melancarkan perang berlarut. Sejarah menunjukkan bahwa kekuatan superior seperti Rusia ternyata kalah di Afghanistan. Amerika Serikat juga kalah di Vietnam dan Afghanistan," kata Nuning, sapaan akrab Susaningtyas Nefo Handayani.

Nuning mengatakan, ada beberapa skenario yang dapat ditempuh dunia internasional untuk mengakhiri perang antara Rusia dan Ukraina. Pertama, PBB harus turun tangan mengupayakan terjadinya gencatan senjata antarkedua negara. Kedua, NATO mengerahkan kekuatan penuh untuk memukul Rusia di wilayahnya sendiri. "Ketiga, Ukraina menang perang berlarut," katanya.

Baca juga: Ukraina Sudah Dihujani 160 Rudal Rusia dari Darat, Laut dan Udara

Meski perang terjadi di belahan dunia lain, Nuning mengingatkan kepada pemerintah Indonesia untuk mewaspadai dampaknya. Sejumlah langkah strategis harus disiapkan secara matang mengantisipasi kemungkinan terburuk bagi kondisi sosial-politik di Indonesia.

"Jadi efek domino yang paling penting adalah harga pangan impor naik diikuti kenaiakan barang lokal, biaya logistik melonjok, harga BBM menanti subsidi yang lebih besar, lonjakan harga minyak tak dapat dihindari," kata Nuning.

Selain antisipasi di dalam negeri, Indonesia juga harus waspada kemungkinan negara tertentu mengambil kesempatan ketika dunia internasional sibuk menghadapi Rusia. Gelar operasi militer di Laut Natuna Utara harus tetap dilaksanakan. Jangan sampai terjadi serangan mendadak yang dapat merugikan pertahanan Indonesia.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1634 seconds (0.1#10.140)