Jokowi Rencanakan 80% Transportasi Publik dan Area Hijau di IKN Nusantara

Rabu, 23 Februari 2022 - 13:50 WIB
loading...
Jokowi Rencanakan 80% Transportasi Publik dan Area Hijau di IKN Nusantara
Presiden Jokowi berencana menyediakan hampir 80% transportasi publik di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana menyediakan hampir 80% transportasi publik di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Jokowi juga berencana IKN bakal menerapkan net zero carbon dan 70% akan diisi area hijau.

"IKN juga merespons komitmen Indonesia dalam penanggulangan perubahan iklim yang terlihat melalui pencapaian dan pengelolaan berbagai indikator menuju net zero carbon dan 100% energi baru dan terbarukan di 2060. Kota 10 menit, 80% transportasi publik, 70% area hijau, pengurangan temperatur 2 derajat," ujar Jokowi dalam acara Beranda Nusantara, Rabu (23/2/2022).



Jokowi meyakini IKN Nusantara akan menjadi representasi bangsa yang unggul. Sehingga menjadi contoh bagi perkembangan kota-kota lain di indonesia. "Dan menunjukkan kepada warga dunia bagaimana Indonesia menjalankan rencana baru dalam membangun cita-cita masa depan," jelas Jokowi.



Selain itu, juga Jokowi menjelaskan pemindahan IKN ke Nusantara bukan sekadar memindahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan bukan juga hanya membangun gedung-gedung pemerintahan. Namun ini adalah lompatan bagi bangsa Indonesia untuk melakukan tranformasi bangsa menuju Indonesia Maju.

"Kita akan membangun IKN yang benar-benar menunjukkan kebesaran bangsa Indonesia, mencerminkan identitas nasional, menjamin keberlanjutan sosial, ekonomi, lingkungan, mewujudkan kota hutan, smart city, kota modern dan berkelanjutan serta memiliki standar internasional," ungkapnya.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3497 seconds (0.1#10.140)