Melesat! Survei Litbang Kompas: Partai Perindo Samai Elektabilitas PAN, Saingi Ketat Nasdem & PPP

Selasa, 22 Februari 2022 - 11:40 WIB
loading...
Melesat! Survei Litbang Kompas: Partai Perindo Samai Elektabilitas PAN, Saingi Ketat Nasdem & PPP
Ketua Umum DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo memberikan sambutan saat acara penutupan SILATNAS dan BIMTEK 2021 Partai Perindo di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Sabtu (11/12/2021). FOTO/MPI/FAISAL RAHMAN
A A A
JAKARTA - Elektabilitas Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) terus menunjukkan tren positif menuju Pemilu 2024 . Berdasarkan survei yang dirilis Litbang Kompas, Partai Perindo mampu bersaing ketat dengan Nasdem, PPP, dan PAN.

Partai Perindo yang identik dengan peduli dan turun tangan ini mampu memperoleh elektabilitas 2,5 persen, menyamai partai lawas PAN yang menempati peringkat kesepuluh dengan elektabilitas 2,5 persen.Selain itu, elektabilitas Partai Perindo berbeda tipis dengan PPP yang meraih 2,8 persen dan Nasdem dengan 3,5 persen.

Adapun, partai politik yang elektabilitasnya di bawah 1 persen berdasarkan survei terbaru Litbang Kompas yakni PSI 0,9 persen, Hanura 0,6 persen, PBB 0,6 persen, Garuda 0,4 persen dan lainnya 0,3 persen. Adapun, sebanyak 17,6 persen menyatakan tidak tahu/rahasia.

Melesat! Survei Litbang Kompas: Partai Perindo Samai Elektabilitas PAN, Saingi Ketat Nasdem & PPP


Di peringkat pertama masih bercokol Partai Demokrasi Indonesia Perjuangkan (PDIP) dengan 22,8 persen, disusul Gerindra di posisi kedua dengan 13,9 persen.

Kemudian, Partai Demokrat berada di peringkat ketiga meraup 10,7 persen, dibuntuti Partai Golkar dengan 8,6 persen di posisi kelima. Adapun, PKS dengan 6,8 persen berada di posisi keenam diikuti PKB yang nangkring di urutan ketujuh dengan 5,5 persen.

Lantas, di urutan kedelapan terdapat Nasdem dengan 3,5 persen. PPP bercokol di peringkat kesembilan dengan raihan 2,8 persen dan di posisi kesepuluh dan kesebelas terdapat PAN dan Partai Perindo dengan perolehan 2,5 persen.



Survei Litbang Kompas yang digelar pada 17-30 Januari 2022 melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi.

Responden ditanya melalui wawancara tatap muka. Menggunakan metode tersebut, tingkat kepercayaan survei ini 95 persen dengan margin of error plus-minus 2,8 persen.

Hasil survei ini juga memotret penurunan signifikan jumlah responden yang menjawab 'tidak tahu/rahasia' soal pilihan partai politiknya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1785 seconds (0.1#10.140)