Hadiri Senior Level Meeting, Kapolri Tekankan Densus 88 Kembangkan Kemampuan Hadapi Tantangan

Rabu, 16 Februari 2022 - 14:41 WIB
loading...
A A A
Untuk diketahui, pada 2020 Densus 88 telah menangkap 232 tersangka kasus terorisme. Sementara, sepanjang 2021 setidaknya sudah ada penangkapan tersangka terorisme sebanyak 370 orang. Tak hanya itu, Densus 88 juga telah melakukan penegakan hukum terhadap kelompok teroris di Poso, saat ini kelompok tersebut tersisa tiga orang DPO dan masih terus dilakukan pengejaran.

Di hadapan personel Densus 88, Sigit juga menyampaikan instruksi dari Presiden Jokowi terkait dengan menjaga stabilitas kamtibmas di 2022. Tahun ini Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam berbagai macam agenda nasional maupun internasional. Di antaranya, adalah MotoGP di Sirkuit Mandalika, NTB hingga rangkaian Presidensi G20.

Presiden Jokowi, kata Sigit, telah menekankan bahwa even internasional dan nasional harus dipastikan berjalan dengan aman dan lancar. Hal itu untuk menjaga kehormatan dan kepercayaan Bangsa Indonesia di mata dunia, sehingga dalam seluruh perhelatan harus dipastikan tidak terjadi aksi teror sekecil apa pun.

"Jadi ini arahan Bapak Presiden yang tentunya pesan ini amanah bagi institusi Polri dan secara khusus untuk rekan-rekan yang tergabung dalam Densus 88 Antiteror Polri untuk menjaga agar selama proses even tersebut tidak ada serangan teror sekecil apa pun. Karena ini menyangkut kesuksesan Indonesia di dalam menyelenggarakan even internasional. Kalau aman dan lancar akan mengharumkan nama Indonesia di mata internasional," ucap Sigit.

Pada kesempatan ini, Sigit juga menyebut telah memberikan reward kepada jajaran Densus 88 yang telah memberikan kontribusi terbaiknya untuk bangsa ini. Pada 2020 penghargaan dalam bentuk KPLB diberikan kepada 47 personel. Sementara satu orang KPLBA.

Sedangkan di 2021, terdapat 53 personel yang mendapat KPLB. Di sisi lain, pada 2020, 45 personel mendapatkan penghargaan untuk mengikuti berbagai macam pendidikan. Sedangkan, di 2021, 63 jajaran berkesempatan mengikuti pendidikan. Untuk 2022, ada 22 personel yang meraih pendidikan. Lalu, 74 pin emas telah diberikan Kapolri sepanjang 2021.

"Saya terus berkomitmen untuk memberikan apresiasi dan reward kepada personel yang telah meraih banyak prestasi dan menjadi kebanggaan institusi, masyarakat, negara, dan kebanggaan Indonesia di mata internasional," kata Sigit.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1599 seconds (0.1#10.140)