DKI Jakarta Penyumbang Kasus Tertinggi Nasional, Melebihi Lonjakan Gelombang Kedua

Selasa, 15 Februari 2022 - 17:57 WIB
loading...
DKI Jakarta Penyumbang Kasus Tertinggi Nasional, Melebihi Lonjakan Gelombang Kedua
Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengungkapkan bahwa saat ini provinsi DKI Jakarta sebagai penyumbang kasus Covid-19 nasional tertinggi. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengungkapkan bahwa saat ini provinsi DKI Jakarta sebagai penyumbang kasus Covid-19 nasional tertinggi. Angkanya melebihi dari lonjakan pada gelombang kedua.

"Provinsi DKI Jakarta saat ini menyumbangkan 28% dari total kasus nasional. Angka ini sudah lebih tinggi dibanding jumlah kasus yang disumbangkan di masa lonjakan kedua yaitu sebesar 24%," ujar Wiku dalam keterangan pers secara daring, Selasa (15/2/2022).

Sementara untuk Provinsi Jawa Barat dan Banten, kasus mingguannya telah melebihi rekor kasus mingguan pada masa lonjakan gelombang kedua. Atas hal tersebut, kata Wiku, pemerintah daerah untuk segera mengevaluasi kembali penerapan PPKM di daerahnya. Terlebih PPKM sudah berjalan sekitar seminggu dan kasus masih belum berhasil ditekan.



"Pastikan setiap aturan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri betul-betul dilaksanakan dengan baik di daerah," katanya.

Wiku juga meminta pemerintah daerah untuk mengaktifkan kembali pembentukan dan kinerja posko di daerahnya. "Data menunjukkan bahwa kinerja posko konsisten turun sangat rendah hingga saat ini hanya di bawah 1 juta kegiatan. Padahal pada periode lonjakan kedua kinerja posko ada pada kisaran 4 juta," katanya.

Baca juga: Update Covid-19: Positif 4.901.328 Orang, 4.349.848 Sembuh, dan 145.455 Meninggal
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)