Indonesia - Prancis Tingkatkan Kerja Sama Pertahanan

Jum'at, 11 Februari 2022 - 03:48 WIB
loading...
Indonesia - Prancis Tingkatkan Kerja Sama Pertahanan
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Menteri Angkatan Bersenjata Prancis Florence Parly. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Menteri Angkatan Bersenjata Prancis Florence Parly. Pertemuan bilateral Prabowo dan Parly digelar di Kantor Kemhan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (10/2/2022).

Prabowo menjelaskan, dalam pertemuan itu, baik Indonesia dan Prancis bersepakat untuk meningkatkan beberapa hal terkait kerja sama. Kata Prabowo, angkatan bersenjata kedua negara akan menggelar latihan bersama (Latma).

"Saya sendiri sudah beberapa kali ke Prancis dan hari ini kita dapat kunjungan Menteri Angkatan Bersenjata Prancis ke kita. Kerja sama ini kita tingkatkan, dengan adanya latihan bersama yang direncanakan," ujar Prabowo.





Pertemuan ini merupakan lanjutan dari penandatanganan persetujuan kerja sama pertahanan atau Defence Cooperation Agreement (DCA) di Paris pada 28 Juni 2021. Tak hanya Latma, Prabowo dan Parly jiga membahas penguatan kerja sama pendidikan militer bagi para anggota TNI.

Prabowo mengungkapkan, selama ini sudah tercatat 300 lebih perwira yang mengenyam pendidikan di negara bagian Eropa Barat tersebut. "Dan Prancis untuk pertama kali dalam sejarah kita ditawarkan tempat di akademi militer mereka, akademi angkatan laut mereka dan akademi angkatan udara mereka untuk para taruna Indonesia," jelasnya.

Prabowo mengatakan, Kemhan juga menyambut baik rencana pengembangan mekanisme kerja sama 2+2 antara Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pertahanan kedua negara. "Guna lebih mempererat dan meningkatkan hubungan kerja sama bilateral kedua negara," ujarnya.

Pertemuan bilateral diakhiri dengan penandatanganan beberapa perjanjian kerja sama. Adapun perjanjian tersebut antara lain, kontrak pembelian 6 pesawat tempur Rafale antara Kabaranahan Kemhan dengan Dassault dan MoU kerja sama di bidang research and development kapal selam antara PT PAL dengan Naval Grup.

Kemudian, kerja sama antara Dassault dan PT DI untuk maintenance, repair dan overhaul pesawat-pesawat Prancis di Indonesia. Lalu, MoU kerja sama di bidang telekomunikasi antara PT LEN dan Thales Group serta kerja sama pembuatan munisi kaliber besar antara PT Pindad dan Nexter Munition.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1811 seconds (0.1#10.140)