Poltikus PDIP Ingin Buruh Urungkan Demonstrasi di DPR, Minta Kirim Perwakilan

Minggu, 06 Februari 2022 - 16:49 WIB
loading...
Poltikus PDIP Ingin Buruh Urungkan Demonstrasi di DPR, Minta Kirim Perwakilan
Politkus PDIP Rahmad Handoyo meminta buruh mengirim perwakilan bertemu DPR dan membatalkan rencana unjuk rasa. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo meminta ribuan buruh mengurungkan rencana aksi demonstrasi di depan Gedung DPR pada Senin (7/2/2022) besok. Dia mengingatkan bahwa kerumunan pun sulit dijaga sehingga tidak tepat berunjuk rasa ketika kasus Covid-19 sedang kembali naik.

"Hampir pastilah, kalo demo ribuan orang itu bagaimana protokol kesehatan? Nah saya kira bagaimana ini menjadi perhatian kita bersama," kata Rahmad kepada MNC Portal Indonesia, Minggu (7/2/2022).



Oleh karena itu, ia berharap agar para buruh mengurungkan niatnya untuk melakukan aksi secara langsung. Poltikus PDIP ini menyadari bahwa penyampaian pendapat di sebuah negara demokrasi merupakan hal yang dilindungi oleh konstitusi.

Akan tetapi, saat ini situasi serta kondisinya berbeda. Di mana, bangsa Indonesia kembali dihadapkan dengan gelombang ketiga Covid-19. Untuk itu, Rahmad menyarankan agar penyampaian pendapat bisa dialihkan dengan cara lain yang tidak berpotensi menimbulkan kerumunan masyarakat.

"Bukan berarti tidak jadi, tapi diganti dengan cara yang lain. Entah itu perwakilan, entah itu dalam bentuk aksi nyata melalui media sosial, melalui online. Banyak cara untuk menyampaikan pendapat. Yang penting adalah esensi penyampaian pendapat itu. Sekali lagi, saya menghormati ya keinginan penyampaian pendapat itu," ujarnya.



Meskipun dikatakan varian Omicron ini banyak yang tanpa gejala hingga bergejala ringan, namun Rahmad mengingatkan masih ada keluarga ataupun lingkungannya yang sangat rentan seperti misalnya memiliki komorbid, gangguan imunitas, hingga mereka yang belum menjalankan vaksinasi Covid-19.

Untuk itu, dia kembali mengimbau kepada buruh agar aksi besok untuk dipikirkan ulang agar tidak dilakukan secara langsung. "Kita nggak ingin aksi ini menjadi bagian salah satu berkontribusi terhadap penambahan klaster atau penambahan paparan baru yg sangat signifikan," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Partai Buruh Said Iqbal, memastikan pihaknya akan tetap menggelar aksi buruh yang dipusatkan di Gedung DPR, Senin (7/2/2022) besok. Dia mengklaim ribuan buruh se-Jabodetabek akan mendatangi gedung parlemen sejak pagi hari.

"Aksi ribuan buruh se-Jabodetabek di DPR RI besok tanggal 7 Februari 2022 dengan titik kumpul langsung di DPR RI jam 10 pagi hingga selesai," kata Said Iqbal dalam jumpa persnya secara daring, Minggu (6/2/2022).
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1257 seconds (0.1#10.140)