Ini Plus Minus Duet Prabowo-Gus Muhaimin di Pilpres 2024

Sabtu, 05 Februari 2022 - 06:30 WIB
loading...
Ini Plus Minus Duet Prabowo-Gus Muhaimin di Pilpres 2024
Muncul wacana Prabowo Subianto berpasangan dengan Muhaimin Iskandar. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menjelang Pilpres 2024, wacana pasangan calon presiden dan wakil presiden semakin banyak bermunculan. Salah satunya, wacana Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berpasangan dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar .

Bahkan, ratusan orang yang mengatasnamakan Barisan Prabowo-Gus Muhaimin telah mendeklarasikan kedua tokoh tersebut sebagai bakal calon presiden dan wakil presiden 2024 di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Kota Bandung, Rabu (12/1/2022). Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid belum lama ini mengungkapkan bahwa komposisi pasangan ini juga cukup ideal mewakili unsur nasionalis-religius, sipil-militer, dan tua-muda.

Selain itu, secara pribadi keduanya juga sudah cukup akrab, meskipun berbeda koalisi saat Pilpres 2019. Dari sisi politik, kedua tokoh juga merupakan ketua umum parpol sehingga lebih mudah melakukan konsolidasi ke struktur partai hingga tingkat bawah.





Bahkan, Jazilul menilai duet Prabowo - Muhaimin paket komplet. Lalu, seperti apa plus minus duet Prabowo - Muhaimin?

Direktur Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara melihat Prabowo Subianto selalu berada di tiga besar berdasarkan banyak hasil survei, selain Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. “Bedanya, potensi Prabowo maju lagi di Pilpres 2024 itu bukan sekadar halu, karena punya elektabilitas dan dukungan solid dari Partai Gerindra,” kata Igor kepada SINDOnews, Jumat (4/2/2022).

Menurut Igor, bisa dibilang sosok Prabowo adalah salah satu figur yang menjadi rebutan bagi tokoh lainnya untuk bisa berpasangan dengan mantan Danjen Kopassus tersebut. “Salah satunya adalah Ketum PKB Muhaimin Iskandar yang dianggap mewakili basis massa Islam tradisional (NU). Menurut saya, jika terwujud pasangan Prabowo-Muhaimin sangat menarik,” imbuhnya.

Karena, kata dia, sebelumnya Prabowo pernah berpasangan dengan kader PAN yaitu Hatta Rajasa yang mewakili unsur Islam modern Muhammadiyah. Namun, lanjut dia, Prabowo - Hatta kalah di Pilpres 2014.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)