Kunjungi Pondok Pesantren, KSAD Dudung Bawa Kabar Gembira untuk Santri

Jum'at, 04 Februari 2022 - 01:36 WIB
loading...
Kunjungi Pondok Pesantren, KSAD Dudung Bawa Kabar Gembira untuk Santri
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman berkunjung ke sejumlah ponpes di wilayah Kodam V Brawijaya, Kamis (3/2/2022). Foto/dispenad
A A A
JAKARTA - KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman bersilaturahmi ke beberapa pondok pesantren di wilayah Kodam V/Brawijaya, Kamis (3/2/2022). Selain ke Pondok Pesantren Anwarut Taufiq Malang, Dudung juga bertandang ke Yayasan Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah, Pasuruan.

Pada kesempatan itu, Dudung menjabarkan rencana TNI AD untuk membuka kesempatan bagi para santri dan santriwati untuk mendaftar menjadi Prajurit TNI AD. Adapun hal itu melalui jalur penerimaan prajurit baik calon Bintara maupun Tamtama.

Selain itu, KSAD juga menyampaikan berita gembira bahwa TNI AD akan menggelar turnamen Liga Santri Piala KSAD Tahun 2022. Di mana, gelaran itu diikuti oleh pesantren di seluruh Indonesia secara profesional di venue lapangan TNI AD dan pesantren yang standar.



Kunjungan Dudung ke beberapa pesantren juga ingin mendengar langsung apa yang menjadi kesulitan para santri serta masyarakat sekitar. Dirinya berpesan agar pondok pesantren dapat ikut aktif dalam upaya memperkuat kerukunan masyarakat.

"Pondok pesantren diharapkan juga dapat memberikan andil dalam mengatasi kesulitan masyarakat sekeliling dengan menggandeng aparat TNI di wilayah sebagai bentuk sumbangan positif dalam membangun persatuan bangsa," tutur Dudung dalam keterangan tertulis, Kamis (2/3/2022).

Sementara itu, Habib Achmad Jamal Bin Toha Ba'agil sebagai pimpinan Pondok Pesantren Anwarut Taufiq Malang, menyampaikan terima kasih atas bentuk silaturahmi ulama dan umaro. Keduanya, kata dia, memiliki tugas berbeda namun bertujuan sama untuk kemakmuran bangsa.

"Hubungan umaro dan ulama digambarkan bahwa untuk urusan keamanan negara, TNI yang memberi masukkan kepada ulama dan sebaliknya untuk masalah akhidah Ulama yang memberi masukkan kepada TNI. Hubungan keduanya tidak dapat terpisahkan untuk kesejahteraan umat" ujarnya.



Kemudian, dalam kunjungan ke Pasuruan, Dudung disambut oleh pimpinan pesantren, Habib Zen bin Hasan Baharun. Dijelaskan Zen, ponspes yang dikelolanya memiliki konsep berbeda.

"Ponpes ini bukan milik saya ataupun keluarga saya, tapi ponpes ini milik seluruh umat Rosulullah" ungkap Zen.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1006 seconds (0.1#10.140)