Habib Syakur Yakin Nilai-nilai Pancasila Bisa Selesaikan Semua Persoalan Bangsa

Rabu, 02 Februari 2022 - 19:33 WIB
loading...
Habib Syakur Yakin Nilai-nilai Pancasila Bisa Selesaikan Semua Persoalan Bangsa
Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib Syakur bin Ali Mahdi Al Hamid. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Nilai-nilai Pancasila dinilai akan mampu menyelesaikan berbagai macam bentuk persoalan dari kemajemukan bangsa Indonesia jika diserap dengan baik. Pancasila merupakan dasar negara dan pandangan hidup berbangsa, yang berasal dari kristalisasi budaya Nusantara.

Hal itu disampaikan Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib Syakur bin Ali Mahdi Al Hamid dalam diskusi daring bertajuk 'Selesaikan Perbedaan dengan Nilai-nilai Pancasila'.

"Selama ini terkesan Pancasila itu memudar di tengah masyarakat. Terkesan Pancasila dilupakan. Setiap pakar boleh berpendapat, tapi tidak boleh diganggu gugat Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan sebagai dasar negara. Kita harus selalu mengimplementasikan dengan kesepakatan. kesepakatan itu berupa norma tidak tertulis, artinya dasar dari kehidupan adat istiadat," kata Habib Syakur dalam keterangannya, dikuti Rabu (2/2/2022).



Habib Syakur lantas mengimbau kepada semua anak bangsa selalu bergandengan tangan menerapkan prinsip-prinsip dasar kehidupan. Dengan mengedepankan toleransi, mengedepankan musyawarah untuk mendapatkan mufakat titik temu, mengedepankan tenggang rasa, saling menghormati menghargai antara muda dengan yang muda dan sebaliknya.

"Nenek moyang kita menerapkan nilai-nilai itu, jadi harus disyukuri bahwa kemajemukan bangsa ini ada karena Indonesia yang rahmatan lil'alamin," ujarnya.

Menurut Habib Syakur, sebenarnya dalam sebuah perbedaan itu tidak perlu dikelola, tapi harus disyukuri. Sebab setiap yang lahir di Bumi Nusantara ini mempunyai peran yang tidak tergantikan, dengan kelebihan masing-masing. Artinya, masing-masing mempunyai peran yang tidak pernah tergantian untuk membangun Indonesia.

"Nah, kalau masing-masing saling mengandalkan ego, itu tidak akan ketemu ujungnya. Intinya, dalam sebuah perbedaan itu tidak boleh menjadi pemicu sebuah konflik," katanya.

Baca juga: Ormas Islam dan Keagamaan Dukung Perppu Larangan Ideologi Selain Pancasila

Maka dari itu, setiap perbedaan harus dicari titik temu untuk mufakat dalam sebuah musyawarah. Nilai-nilai Pancasila harus dikedepankan untuk mufakat. Jika itu yang dilakukan, Habib Syakur optimis, Indonesia akan selalu menjadi negeri yang aman, damai, dan tentram.

"Saya yakin negeri kita pasti aman tentram. Berbeda pendapat, tidak harus menghina tidak harus saling menyakiti, berbeda pendapat itu untuk mencari titik temu strategis untuk kemaslahatan bersama," katanya.
(abd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2071 seconds (11.210#12.26)