Zulkifli Hasan Dinilai Ingin Tarik Ridwan Kamil ke PAN

Rabu, 02 Februari 2022 - 05:04 WIB
loading...
Zulkifli Hasan Dinilai Ingin Tarik Ridwan Kamil ke PAN
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK). Foto/Dok.MPI
A A A
JAKARTA - Pujian Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan ( Zulhas ) kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ( RK ) dinilai sebagai ungkapan ketertarikan Zulhas untuk menarik RK ke PAN. Pujian Zulhas itu disampaikan saat pidato kebudayaan bertajuk Indonesia Butuh Islam Tengah di Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Jalan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (29/1/2022).

"Pernyataan itu semacam ungkapan ketertarikan PAN menarik Ridwan Kamil untuk masuk, dan memang PAN menjadi salah salah satu Parpol paling potensial bagi Ridwan," kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah kepada SINDOnews, Selasa (1/2/2022).

Dedi pun menilai hal tersebut karena dua persoalan. Pertama, kata Dedi, Zulhas adalah politikus terbuka yang tidak terlihat punya ambisi personal selain untuk PAN.





"Ini bisa dilihat bagaimana ia memilih waktu masuk koalisi pemerintah yang cukup lama," tuturnya.

Kemudian, kata dia, setelah itu tidak ada desakan apa pun untuk mendapatkan porsi di pemerintah. "Sehingga, ini menguatkan Zulhas politisi matang yang orientasinya untuk PAN, dan RK disinyalir akan menguatkan PAN ke depan," jelasnya.

Kedua, Dedi mengatakan bahwa parpol lain di kelas menengah telah memiliki tokoh masing-masing, sehingga RK akan kesulitan masuk. "Sementara PAN, meskipun Zulhas menonjol tetapi dari sisi porsi partai, PAN bukan kelompok yang ambisius mengusung capres, tetapi untuk cawapres memungkinkan. Dan RK bisa saja menarik untuk itu," pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, Zulkifli Hasan mengakui jatuh cinta setiap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) berbicara. Bahkan, Zulkifli Hasan juga mengaku sayang dengan RK.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)