Wapres Canangkan Indonesia Menjadi Pusat Produsen Halal Dunia 2024

Jum'at, 28 Januari 2022 - 09:37 WIB
loading...
Wapres Canangkan Indonesia Menjadi Pusat Produsen Halal Dunia 2024
Wapres KH Maruf Amin canangkan Global Halal Hub (GHH) sebagai gerakan nasional untuk mewujudkan Indonesia pusat produsen produk halal dunia pada 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin mencanangkan Global Halal Hub (GHH) sebagai gerakan nasional untuk mewujudkan Indonesia pusat produsen produk halal dunia pada 2024.

Ekosistem pengembangan produk halal berbasis platform digital itu diharapkan menjadi motor sinergi dan kolaborasi pemangku kepentingan (stakeholders) dalam mengakselerasi pengembangan UMKM. Saat mencanangkan Ekosistem GHH sebagai Gerakan Nasional Sinergitas Menuju Indonesia Pusat Produsen Produk Halal Dunia 2024, Wapres berharap produk halal Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan menguasai pasar global.

“Saya berharap hadirnya ekosistem Global Halal Hub ini menjadi awalan yang baik untuk menyinergikan berbagai pihak, dan membawa semakin banyak produk halal maupun UMKM halal Indonesia ke pasar global,” ujar Wapres di pusat ekosistem GHH Great Western Resort, Tangerang, Banten, Kamis (27/1/2022).



Bersamaan dengan itu, secara simbolik Wapres juga melepas ekspor UMKM dan produk halal senilai USD9 juta yang dikirimkan ke 23 negara tujuan. “Kita berharap produk-produk UMKM halal nasional akan semakin dikenal dan mudah diperoleh masyarakat internasional,” katanya.

Sebanyak 25 perusahaan ekspor UMKM berbasis digital yang tergabung dalam Asosiasi Platform Digital Ekspor (PDEkspor), menjadi bagian utama dalam pengembangan ekosistem Global Halal Hub. Asosiasi ini menggandeng Kamar Dagang Indonesia (Kadin), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), komunitas, pesantren, perguruan tinggi dan para pelaku UMKM.

Baca Juga: Permintaan Produk Halal di Dunia Bakal Meningkat 6,9%

“Saya mengapresiasi kolaborasi yang telah dibangun untuk menjembatani UMKM agar produk-produknya dapat masuk dan bersaing dalam ekosistem halal global,” ucap Wapres.

Ketua Umum PDEkspor Hadi Lee menyatakan, ekosistem GHH merupakan partisipasi para pelaku usaha dalam mendukung visi Presiden dan Wakil Presiden RI untuk menjadikan Indonesia pusat produsen produk halal dunia. "Dukungan pemerintah, khususnya Bapak Wakil Presiden RI, menjadi penyemangat yang menguatkan optimisme kami, dan meyakini Indonesia mampu menguasai pasar produk halal secara global," ungkapnya.

Dia menjelaskan, inspirasi GHH lahir dalam pertemuan pengurus PDExpor dengan Staf Khusus Wakil Presiden RI Bidang Ekonomi dan Keuangan, Lukmanul Hakim bersama tim. Dari diskusi itu menyepakati untuk mengintegrasikan potensi anggota PDExpor dalam ekosistem terintegrasi yang dapat mengakselerasi pengembangan industri halal dan ekonomi Indonesia menguasai pasar dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2230 seconds (0.1#10.140)