Kodal Komando Pertahanan Udara Nasional Dialihkan ke Mabes TNI AU

Kamis, 27 Januari 2022 - 01:52 WIB
loading...
Kodal Komando Pertahanan Udara Nasional Dialihkan ke Mabes TNI AU
KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menerima langsung alih Kodal Kohanudnas di Aula Gatot Soebroto, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (26/1/2022). Foto: Dok Dispenau
A A A
JAKARTA - Komando dan Pengendalian (Kodal) Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) yang semula berada di bawah jajaran Mabes TNI dialihkan menjadi di bawah TNI AU. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/46/I/2022.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menerima langsung alih Kodal Kohanudnas di Aula Gatot Soebroto, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (26/1/2022).

Baca juga: Ini Daftar 5 Satuan Baru TNI yang Dibentuk Jenderal Andika Perkasa

Pengalihan itu ditandai dengan penyerahan Pataka Kohanudnas dari Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa kepada Marsekal Fadjar.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kasum TNI Letnan Jenderal TNI Eko Margiyono, Irjen TNI Letnan Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono, Pangkohanudnas Marsda TNI Novyan Samyoga, dan para pejabat utama TNI.

Baca juga: Profil Marsdya TNI Andyawan Martono, Pilot Pesawat Tempur F-16 yang Jabat Pangkoopsudnas



"Dengan alih Kodal, diharapkan Kohanudnas dapat menjalankan tugas lebih optimal dan merupakan wujud nyata kesiapan TNI dalam menjawab tantangan TNI ke depan," jelas Dinas Penerangan TNI AU (Dispenau) dalam keterangan tertulisnya.

Alih Kodal dilakukan seiring dengan validasi Kohanudnas menjadi Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas). Hal ini merupakan implementasi penataan organisasi di lingkungan TNI AU.

"Koopsudnas merupakan Kotama Ops dan Kotama Bin yang bertanggung jawab kepada Kepala Staf Angkatan Udara," katanya.
(thm)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3761 seconds (11.210#12.26)