Maruli Simanjuntak Jadi Pangkostrad, Ini Harapan DPR

Senin, 24 Januari 2022 - 06:41 WIB
loading...
Maruli Simanjuntak Jadi Pangkostrad, Ini Harapan DPR
Mayor Jenderal (Mayjen) Maruli Simanjuntak ditunjuk sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Mayor Jenderal (Mayjen) Maruli Simanjuntak ditunjuk sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Pangkostrad sebelumnya dijabat oleh Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang kini menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Menanggapi penunjukan Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad, Komisi I DPR-RI menitipkan harapannya. "Kami berharap sebagai Pangkostrad Pak Maruli bisa mempertahankan eksistensi dan nama baik Kostrad yang selama ini sudah tercatat mempunyai sejarah yang baik di dalam mengamankan dan mempertahankan wilayah NKRI," kata Anggota Komisi I DPR-RI Muhammad Iqbal kepada SINDOnews, Minggu (23/1/2022).

Iqbal mengatakan bahwa Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat atau Kostrad merupakan bagian dari komando tempur angkatan darat yang mempunyai tugas strategis di dalam mengamankan wilayah NKRI. Maka itu, kata Iqbal, jabatan Pangkostrad harus diisi oleh perwira yang tepat atau sudah memiliki pengalaman di dalam organisasi TNI AD dan sudah melalui penilaian dari Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) TNI.





"Terkait ditunjuknya Mayjen Maruli Simanjuntak oleh Panglima TNI sebagai Pangkostrad, menurut saya penunjukan ini sudah melalui prosedur di organisasi TNI AD dan penilaian dari Wanjakti," pungkasnya.

Diketahui, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa telah menandatangani Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi TNI melalui Keputusan Nomor 66/I/2022 pada 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Salah satunya, Maruli Simanjuntak ditunjuk sebagai Pangkostrad.

Sedangkan pengganti Maruli Simanjuntak sebagai Pangdam IX/Udayana adalah Mayjen Sonny Aprianto yang sebelumnya menjabat Deputi III Bidang Kontra Intelijen Badan Intelijen Negara (BIN). Jabatan Pangkostrad kosong sejak Jenderal TNI Dudung Abdurachman dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 17 November 2021.

Adapun Maruli Simanjuntak pernah menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) periode 2018-2020. Maruli Simanjuntak adalah menantu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1745 seconds (0.1#10.140)