Eks Pilot Kepresidenan Kisahkan Megawati Mendaratkan Pesawat Hercules A-1341

Minggu, 23 Januari 2022 - 22:15 WIB
loading...
Eks Pilot Kepresidenan Kisahkan Megawati Mendaratkan Pesawat Hercules A-1341
Mantan Pilot Kepresidenan Agus Sudarya (masker hitam) mengungkap kebiasaan unik dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang merayakan HUT ke-75 hari ini. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Mantan Pilot Kepresidenan Agus Sudarya mengungkap kebiasaan unik dari Ketua Umum Parta Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri yang merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 hari ini. Megawati kerap duduk di dalam ruang kokpit dari Hercules A-1341.

Ada momen yang selalu diingat oleh Agus, yang mana saat itu dirinya bertindak sebagai pilot penerbangan kenegaraan dengan rute Jakarta-Bali dan Bali-Madiun. Saat rute Bali-Madiun, Megawati yang duduk di belakang pilot meminta untuk duduk di kursi co-pilot.



Permintaan itu dilontarkan Megawati ketika berada di ketinggian 1.500 di atas permukaan laut. Agus yang mendengar permintaan itu hanya melontarkan kata siap.

"Pada saat itu di ketinggian 1.500 Ibu (Megawati) nepuk tangan kanan saya, 'Mas boleh enggak saya duduk di tempat duduk sebelah kanan, co-pilot'. Saya menjawab, 'siap, laksanakan'," ujar Agus di siaran YouTube PDIP, Minggu (23/1/2022).

Megawati, imbuh Agus, disebut cukup fasih berkomunikasi dengan pemandu lalu lintas udara. Hal itu dibuktikan ketika berada di atas langit Bali, Megawati sendirilah yang melakukan kontak dengan petugas.

"Saat ketinggian 7.000 feet, beliau kontak Bali control. Bali control this is Alpa 1341, Go Ahead kata Bali control," jelasnya.

Selepas hal itu, seluruh pilot maskapai lain yang berada di frekuensi komunikasi dibuat kaget. Sebab, co-pilot pesawat kepresidenan merupakan seorang perempuan.

Tanpa basa-basi, Agus meminta para maskapai mendengarkan ulang itu suara dari siapa. Tak lama dari instruksi tersebut, kata Agus, seluruhnya dengan kompak mengucapkan Merdeka.

"Semua maskapai penerbangan yang mendengar di frekuensi tersebut mengatakan merdeka, ibu merdeka, presiden merdeka. Setelah itu, ibu bilang, terima kasih," katanya.

Agus berpikir Megawati tak sampai tuntas mendampinginya mengawaki pesawat. Namun, dugaannya keliru, sampai dengan mendarat di Lanud Iswahjudi, Madiun, Jawa Timur, mantan Presiden RI itu tetap berada di sampingnya. Baca juga: Cerita 3 Sekjen PDIP Soal Sosok Megawati: Penuh Prinsip dan Taat Konstitusi

"Ibu sampai landing, dan ibu melandingkan pesawat. Itu kebanggaan sangat tinggi bagi diri saya. Karena beliau sebagai pemimpin tetapi bisa menerbangkan pesawat yang cukup besar. Tak terlupakan sama saya, historical," tuturnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1810 seconds (0.1#10.140)