Partai Baru Amien Rais Harus Gembosi PAN agar Bisa Bersaing dengan Parpol Lain

Kamis, 11 Juni 2020 - 15:06 WIB
loading...
Partai Baru Amien Rais Harus Gembosi PAN agar Bisa Bersaing dengan Parpol Lain
M Amien Rais, tokoh Muhammadiyah yang juga pendiri PAN. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai baru yang lahir dari konflik internal Partai Amanat Nasional (PAN) direncanakan deklarasi Desember 2020. Partai baru Amien Rais ini harus mampu menggembosi PAN sebelum bertarung dengan partai lain.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menganggap, wacana lahirnya partai baru Amien Rais tetap diuji berdasarkan kemampuannya menggarap basis massa dengan partai yang sudah ada.

"Tergantung pada strategi partai baru AR (Amien Rais) tersebut, apakah mampu menggembosi PAN dengan mengambil konstituen PAN yaitu basis massa Muhammadiyah atau tidak," ujar Ujang saat dihubungi SINDOnews, Kamis (11/6/2020).

Menurut Ujang, jika partai baru ini dianggap mampu, akan bisa bersaing dengan partai lain. Namun sebaliknya, jika tak mampu, akan layu sebelum berkembang. Rumus dan kuncinya, partai baru itu akan memperebutkan basis massa Muhammadiyah dengan PAN. ( ).

"Dan harus juga punya strategi jitu agar bisa melaju. Karena partai baru AR tersebut akan melawan PAN yang sudah establish. Menggembosi PAN dulu, baru bisa melaju dan bersaing dengan PAN dan partai-partai lainnya," katanya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1058 seconds (0.1#10.140)