Ketua DPD RI Berharap Pulau Untung Jawa Tingkatkan Branding Pariwisata

Jum'at, 21 Januari 2022 - 11:43 WIB
loading...
Ketua DPD RI Berharap Pulau Untung Jawa Tingkatkan Branding Pariwisata
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dan sejumlah Senator melakukan kunjungan kerja ke Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat (21/1/2022). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti memberikan apresiasi kepada Pulau Untung Jawa yang menjadi Desa Wisata Terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia. LaNyalla berharap kapasitas Pulau Untung Jawa dapat terus ditingkatkan.

Hal itu disampaikan LaNyalla saat melakukan kunjungan kerja ke Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu , Jakarta, Jumat (21/1/2022). LaNyalla hadir bersama senator lainnya yaitu Jihan Nurlela (Lampung), Abdul Hakim (Lampung), Ahmad Bastian (Lampung), Bustami Zainudin (Lampung), Fahira Idris (DKI Jakarta), Sylviana Murni (DKI Jakarta), AA Oni Suwarman (Jabar), Amang Syafrudin (Jabar), Asep Hidayat (Jabar), Eni Sumarni (Jabar), Bambang Sutrisno (Jateng), Abdul Kholik (Jateng), Hilmy Muhammad (DIY), Ahmad Nawardi (Jatim), Adilla Azis (Jatim), Habib Ali Alwi (Banten), Abdi Sumaithi (Banten), Ali Ridho Azhari (Banten), dan Bambang Santoso (Bali).

"Potensi yang dimiliki Pulau Untung Jawa sangat luar biasa. Penghargaan sebagai Desa Wisata Terbaik pun layak mereka dapat. Tapi saya harap jangan berhenti sampai di sini saja. Harus terus tingkatkan branding pariwisata. Jangan kendor promosikan pariwisata melalui semua saluran media yang ada. Baik social media, own media, atau endorser. Dan yang terpenting, wisatawan dan masyarakat harus bisa menjaga kebersihan dengan baik,” tuturnya.

Baca juga: Ketua DPD Minta Pemerintah Segera Atasi Pencemaran di Pulau Untung Jawa

Senator asal Jawa Timur itu mengatakan, kendati mendapatkan penghargaan, pembenahan harus dilakukan agar Pulau Untung Jawa bisa semakin menjadi pilihan bagi wisatawan. "Setidaknya ada tiga hal yang harus terus dibenahi Pulau Untung Jawa agar bisa menjadi destinasi pilihan," katanya.

Ketiga hal itu adalah aksesibilitas, amenitas, dan atraksi. Bagi LaNyalla, ketiga hal ini sangat penting dan mendasar di dunia pariwisata. "Jika ketiga hal itu bisa diperkuat, Pulau Untung Jawa akan semakin diminati. Menjaring wisatawan pun akan lebih mudah. Tentu saja di tengah kondisi saat ini, protokol kesehatan harus juga tetap dijunjung tinggi," ujarnya.



Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pulau Untung Jawa Rusli mengaku sangat senang kedatangan orang nomor satu di DPD RI. Kata Rusli, kehadiran LaNyalla membuat prestise destinasinya semakin terangkat. Apalagi setelah Pulau Untung Jawa masuk ke dalam desa wisata terbaik versi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Terima kasih Pak Nyalla dan para anggota DPD yang terhormat, telah hadir di tempat kami. Jadi Bapak dan Ibu semua bisa melihat langsung kondisi dan keadaan destinasi kami. Karena di tempat kami ini, kesejahteraan masyarakat bisa dilihat dari banyak atau tidaknya pengunjung wisatawan yang datang,” kata Rusli sumringah.

Kepulauan Seribu yang terletak di utara Kota Jakarta ini menyimpan banyak keindahan alam. Salah satunya adalah Pulau Untung Jawa. Tempat ini menjadi salah satu dari 50 destinasi desa wisata terbaik di tahun 2021.



Desa Wisata Pulau Untung Jawa mempunyai 13 keunggulan yang bisa dijual kepada wisatawan yang hendak berkunjung ke desa wisata. Menurut Rusli, keunggulan tersebut terdiri dari adanya Pantai Arsa, Pantai Amiterdam, Pantai Sakura, Kampung Jepang, Jembatan Pengantin, Laguna Mangrove, Taman Nemo, Museum, Suaka Margasatwa, dan Benteng Martello. Juga ada pulau cagar budaya yaitu Pulau Onrust dan Pulau Kelor.
(zik)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3576 seconds (11.97#12.26)