KH Cholil Nafis dan Ustaz Yusuf Mansur Masuk Daftar Figur Publik Paling Disorot Terkait Isu Boneka Arwah

Jum'at, 14 Januari 2022 - 19:22 WIB
loading...
KH Cholil Nafis dan Ustaz Yusuf Mansur Masuk Daftar Figur Publik Paling Disorot Terkait Isu Boneka Arwah
10 Top Influencer di media online terkait isu boneka arwah. Tangkapan layar Instagram @indonesia.indicator
A A A
JAKARTA - KH Cholil Nafis, Buya Yahya, hingga Ustaz Yusuf Mansur masuk dalam 10 Top Influencer di media online terkait isu boneka arwah . Selain ketiga ulama tersebut, ada pula sejumlah artis.

Berdasarkan data yang dirilis indonesia.indicator baru-baru ini, fenomena boneka arwah (spirit doll) mulai banyak menarik perhatian publik setelah diperkenalkan oleh artis Ivan Gunawan. Riset Indonesia Indicator (12) mencatat ada 1.354 berita online yang mengulas mengenai fenomena tersebut dalam kurun waktu 29 Desember 2021 - 9 Januari 2022.

"Fenomena boneka arwah atau spirit doll memantik media untuk memberitakannya. Ada banyak pihak yang menjadi sorotan media untuk menanggapi isu ini, terutama mereka yang bersinggungan langsung dengan tren boneka arwah. Mari kita lihat 10 Top Influencer di media online terkait isu boneka arwah!" demikian dikutip dari akun Instagram @indonesia.indicator, Jumat (14/1/2022).

Presenter sekaligus desainer Ivan Gunawan banyak dimintai keterangan oleh media terkait dirinya yang merawat boneka arwah. Dia memperlakukan bonekanya seperti bayi sungguhan. Ivan Gunawan berada di urutan teratas Top 10. "Selain selebriti, jajaran top 10 juga diisi oleh pemuka agama dan tokoh ormas," demikian dikutip dari akun Instagram yang sama.

Baca juga: Ivan Gunawan Jadi Publik Figur Paling Disorot Terkait Boneka Arwah

Sementara, di posisi kedua ditempati Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah KH Cholil Nafis. Selanjutnya, di posisi tiga ada Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama M Fuad Nasar. Buya Yahya selaku pemuka agama di posisi kelima. Kemudian Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad ada di urutan keenam.



Sekretaris LDK PP Muhammadiyah Faozan Amar ada di posisi kedelapan. Terakhir, Ustaz Yusuf Mansur ada di urutan 10.



"Puncak pemberitaan boneka arwah banyak berkaitan dengan pandangan Kementerian Agama, MUI, hingga Muhammadiyah," demikian dikutip dari keterangan infografis di akun Instagram tersebut.
(zik)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2121 seconds (11.97#12.26)