Kapolri: Polisi Harus Hadir Setiap Saat di Lapangan

Kamis, 13 Januari 2022 - 14:23 WIB
loading...
Kapolri: Polisi Harus Hadir Setiap Saat di Lapangan
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta anggota kepolisian di manapun bertugas harus hadir setiap saat di lapangan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta anggota kepolisian di manapun bertugas harus hadir setiap saat di lapangan khususnya saat masyarakat membutuhkan pertolongan atau perlindungan.

Hal tersebut disampaikan Kapolri saat sesi doorstop usai kegiatan peresmian Tim Patroli Perintis Presisi Polda Metro Jaya, di lapangan Polda Metro Jaya Kamis (13/1/2022). "Baru saja kita melaksanakan peresmian Patroli Perintis Presisi Polda Metro Jaya. Di mana tugas dari Tim Patroli Perintis Presisi ini melakukan upaya dalam tindakan preventif dan preemptive dalam rangka memelihara harkantibmas," kata Sigit.

Sigit berharap dengan langkah-langkah preemptive dan langkah pencegahan yang semakin kuat maka kejahatan yang terjadi tentunya akan berkurang. Hal ini tentunya menjadi harapan masyarakat. "Tim tadi dibekali dengan kemampuan teknis, kemampuan taktis, dan kemampuan-kemampuan untuk melakukan tindakan-tindakan di lapangan mulai dari street crime, tindakan anarkis, tawuran warga, dan awal kejahatan sebelum ditindaklanjuti tim reserse," tutur Sigit.


Sigit berharap kehadiran Tim Patroli Presisi ini betul-betul bisa dirasakan masyarakat. Apalagi di tengah situasi pandemi Covid-19 yang meningkat. "Tentunya peningkatan aktivitas masyarakat ini dapat menimbulkan potensi-potensi kejahatan manakala kita tidak melakukan langkah-langkah pengawasan dan pemantauan. Oleh karena itu tentunya kita harapkan kehadiran dari tim patroli perintis presisi ini betul-betul mengisi ruang kosong," jelas Sigit.

Tim tersebut, kata Sigit dapat melakukan gerakan secara cepat karena mereka dibekali kendaraan roda dua sehingga memiliki kecepatan mendatangi suatu Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan bisa melaksanakan kegiatan patroli yang jangkauannya lebih jauh di lorong-lorong yang lebih kecil.



"Tentunya ini kita harapkan dapat mewujudkan anggota Polri yang hadir di mana-mana dalam situasi apa pun, siang, malam, pagi hari saat masyarakat mulai melaksanakan aktivitasnya dan juga pada saat masyarakat akan melaksanakan istirahat. Polisi tetap ada di tengah-tengah lapangan," tegasnya.

Polri, akan terus mengembangkan dan meningkatkan kemampuan setiap personel anggota kepolisian sehingga kejahatan yang terjadi khususnya street crime bisa diturunkan dan dicegah. Ha itu tentu akan membuat masyarakat merasa aman. ”Hadir secara cepat tentunya menjadi harapan bagi kita untuk mewujudkan Polri yang presisi. Hal tersebut kata Listyo akan diintegrasikan dengan teknologi informasi yang ada, command center,” katanya.

Dengan demikian, sambung Sigit, keberadaan anggota selalu terpantau. Apabila suatu saat ada permintaan bantuan apakah itu yang sifatnya darurat atau hal-hal kecil yang diinformasikan melalui layanan pengaduan kepolisian. Anggota kepolisian bisa segera cepat datang ke lokasi-lokasi yang dibutuhkan masyarakat.

"Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Kapolda, terus optimalkan, terus latih, sehingga kita betul-betul bisa hadir sebagai presentasi dari kepolisian sebagai alat Mega yang selalu ada saat Masyarakat membutuhkan," ucap Sigit.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2736 seconds (0.1#10.140)