PDIP Sebut Pembangunan Pusat Kebudayaan Bali Perwujudan Trisakti Bung Karno

Rabu, 12 Januari 2022 - 16:37 WIB
loading...
PDIP Sebut Pembangunan Pusat Kebudayaan Bali Perwujudan Trisakti Bung Karno
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mendukung pembangunan Pusat Kebudayaan Bali di Kabupaten Klungkung. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) mendukung pembangunan Pusat Kebudayaan Bali. Partai politik pimpinan Megawati Soekarnoputri ini berharap masyarakat Bali dan luar Bali yang mencintai Pulau Dewata akan ikut berpatisipasi mewujudkan hal itu. Sebab, Pusat Kebudayan Bali akan menjadi kebangkitan kembali puncak peradaban dan keadaban kebudayaan Bali.

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto usai menyaksikan secara dari groundbreaking tahap pekerjaan pematangan lahan kawasan Pusat Kebudayan Bali, Rabu (12/1/2022).

"Pembangunan Pusat Kebudayaan Bali yang terintegrasi dan terpadu dengan sektor lainnya, menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru, tak hanya sisi kebudayaan saja tapi juga memberi dampak ekonomi. Menjadi ikon Bali, menjaga melestarikan budaya Bali sekaligus perwujudan komitmen calon gubernur Bali, I Wayan Koster yang diusung PDI Perjuangan saat pilkada Bali," kata Hasto.



Hasto mengatakan para calon dan petahana kepala daerah PDIP selalu diingatkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk mewujudkan prinsip Trisakti Bung Karno yakni berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan yang dilaksanakan melalui pembangunan secara terpola, menyeluruh, terencana, terarah dan terintegrasi dalam bingkai NKRI berdasarkan nilai-nilai Pancasila 1 Juni 1945.

Baca Juga: Kabupaten Klungkung Disiapkan Sebagai Pusat Kebudayaan Bali

Berdasarkan catatan sejarah, budaya Bali mencapai keemasan di Klungkung di masa Kerajaan Gelgel. Jadi pilihan lokasi di Kabupaten Klungkung, menurut Hasto, sangat tepat.

Hasto berharap pembangunan ini bisa berjalan dengan lancar. Sehingga kelak Bali memiliki tempat pusat kebudayaan yang indah, terintegrasi dan bisa dipergunakan untuk berbagai even nasional dan internasional.

Untuk diketahui, hari ini Gubernur Bali I Wayan Koster mengatakan, pembangunan Pusat Kebudayaan Bali di Kabupaten Klungkung akan menjadi ikon peradaban budaya Bali, menciptakan pusat perekonomian baru yang memberi dampak positif bagi masyarakat Bali. "Sehingga Bali akan tumbuh ekonominya dan masyarakatnya akan dapat manfaatnya secara berkeadilan dan berkelanjutan. Itulah harapan ke depan," kata Koster.

Menurut Koster, tak hanya masyarakat Klungkung yang akan merasakan manfaat ini, tapi wilayah lainnya juga akan terdampak. "Tidak hanya Klungkung, Bangli, Karangasem, dan Gianyar bisa merasakan manfaatnya," jelas Koster.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)