Contoh Keragaman Budaya Indonesia: Bahasa Daerah hingga Rumah Adat

Rabu, 12 Januari 2022 - 14:18 WIB
loading...
A A A
Pakaian adat biasa digunakan dalam perayaan hari besar, hari pernikahan, dan sebagai penanda status sosial. Contoh pakaian adat di berbagai daerah adalah ewer dari Papua Barat, tulang bawang dari Lampung, dan kebaya dari Jawa Tengah.



5. Permainan Tradisional
Permainan tradisional menjadi satu hal kerap dimainkan anak-anak saat berkumpul. Sebut saja lompat tali, kelereng, dan egrang. Masing-masing daerah di Indonesia memiliki permainan tradisionalnya sendiri. Egrang misalnya. Menurut buku ‘Permainan Tradisional Anak Nusantara’ yang ditulis oleh Rizky Yulita dan dipublikasikan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud, permainan ini membutuhkan luas arena sekitar 7 – 15 meter dan lebar 4 – 5 meter. Mudah dimainkan di mana pun, egrang menjadi primadona anak-anak hingga orang dewasa. Sementara itu, peralatan yang digunakan adalah 2 buah bambu berukuran 2 – 3 meter yang dilubangi dan ditambahkan pijakan kaki.

6. Rumah Adat
Satu lagi keragaman budaya Indonesia yang wajib kita ketahui adalah rumah adat. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah miniatur Indonesia yang bisa dikunjungi dan tempat terbaik untuk mengenal rumah adat dari masing-masing provinsi. Dalam buku ‘Mengenal Rancang Bangun Rumah Adat di Indonesia’ milik Kemendikbud, contoh rumah adat yang terdaftar dan bisa disaksikan hingga kini adalah rumah limas dari Sumatera Selatan, rumah badui dari Banten, rumah joglo dari Jawa Timur, serta rumah gadang dari Sumatera Barat.
(zik)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5346 seconds (0.1#10.140)